Bersepeda 1945 KM, Dua Cyclist Sidoarjo ke IKN untuk Upacara Bendera

Bersepeda 1945 KM, Dua Cyclist Sidoarjo ke IKN untuk Upacara Bendera

Sugeng Santoso dan Wirawan Dwi mengawali perjalanan dari Nol Kilometer depan gedung Gubernur Jawa Timur. -Rahmad Hidayat-

SURABAYA, MEMORANDUM - Berbagai cara warga negara Republik Indonesia memperingati kemerdekaan RI 17 Agustus. Seperti dilakukan Sugeng Santoso (64) dan Wirawan Dwi (42), warga Sidoarjo ini, mempunyai cara berbeda. Keduanya memperingati hari kemerdekaan RI dengan bersepeda sejauh 1945 KM menuju ke Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Start perjalanan dimulai dari Tugu Pahlawan dan Titik Nol kilometer Kota Surabaya dilaksanakan Sugeng Santoso  dan Wirawan Dwi, Kamis 1 Agustus 2024.

Sugeng dan Wirawan menyampaikan, Surabaya sebagai Kota Pahlawan  tepat untuk mewakili semangat perjalanan menempuh 1945 kilometer menuju IKN di Kalimantan Timur.

"Mudah-mudahan semangat para pahlawan ini menguatkan kami saat menempuh jalan ribuan kilometer itu," ujar Wirawan. 

BACA JUGA:Rela Bersepeda Sejauh 5 Kilometer, Tatik Ingin Ibu-ibu di Desa Sambiroto Maju

Wirawan menjelaskan, perjalanannya ke IKN dengan bersepeda ini diberi tema "1945 KM, Bersepeda untuk Indonesia". 

Menurut Wirawan, angka 1945 diambil dari tahun kemerdekaan Indonesia. Selain itu, tema ini dipilih untuk mewakili rasa syukurnya pada Indonesia, tempat dengan beragam  keragaman namun dengan toleransi yang begitu tinggi. 

"Indonesia ini punya 1340 suku, 715 bahasa daerah, dan ada 6 agama, tapi kita punya toleransi yang sangat tinggi. Kita masih sangat nyaman berkomunikasi dan bekerjasama dengan teman yang berbeda suku, ras maupun agama. Hanya ada di Indonesia. Coba kalo di luar negeri, beda suku atau agama, gesekannya bisa luar biasa," kata pria 42 tahun itu. 

Karena itulah, kata Wirawan, perjalanan bersepeda ini dilakukan, dalam rangka bersyukur telah terlahir dan dibesarkan di Indonesia.

BACA JUGA:Oh Ini Ternyata Manfaat Olah Raga Bersepeda

"Dengan beragam dinamika di negeri ini, kami bersyukur sudah terlahir dan besar di Indonesia, alhamdulillah. Perjalanan kami ini juga akan mengekplorasi tempat wisata dan kuliner Indonesia, kami akan posting di medsos kami," kata pria yang aktif di komunitas sepeda GXid Gerbangkertosusila ini. 

Sementara Sugeng Santoso, menyampaikan alasan mengapa Ibu Kota Negara (IKN) menjadi tujuan dari bersepedanya. 

"IKN ini masa depan Indonesia setelah DPR menyetujui RUU yang kini sudah menjadi Undang-undang. Karenanya, kami juga ingin bersepeda dan melakukan upacara di sana." kata pria yang sering dipanggil Opa Sugai itu. 

Sugeng menyampaikan, perjalanan 1945 KM ini dimulai dari Kota Pahlawan Surabaya lalu terbang ke Pontianak. 

Sumber: