Apresiasi Peran Pramuka dalam Penanggulangan Bencana, BNPB Anugerahi Pin Emas Ketua Kwarda Pramuka Jatim

Apresiasi Peran Pramuka dalam Penanggulangan Bencana, BNPB Anugerahi Pin Emas Ketua Kwarda Pramuka Jatim

Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil berfoto bersama Pj Gubernur Adhy Karyono, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso.-Tri Haryoko-

SURABAYA, MEMORANDUM - Peran penting Pramuka di Jatim dalam penanggulangan bencana menuai apresiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil menerima pin emas dari BNPB dalam kegiatan Jumpa Tokoh bersama Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso, dan Pj Gubernur Adhy Karyono di Surabaya, Selasa 30 Juli 2024. 

BACA JUGA:KPK Larang 21 Tersangka Kasus Dana Hibah Jatim ke Luar Negeri selama 6 Bulan ke Depan

Anugerah pin emas ini diberikan atas dedikasi Pramuka Jatim dalam melaksanakan penaggulangan setiap bencana alam yang terjadi di Jatim.

BACA JUGA:KPU Beri Batas Pendaftaran Paslon Cagub-Cawagub Dibuka 27-29 Agustus 2024

Sebagaimana diketahui, acara jumpa tokoh kali ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63. Dengan mengangkat tema Sinergi bersama BNPB, Pemprov Jatim dan Gerakan Pramuka dalam Program Kemanusiaan dan Kebencanaan. 

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka HM Arum Sabil menjelaskan gerakan pramuka terbuka untuk semua masyarakat Indonesia. Ia menegaskan bahwa pramuka memang selalu hadir membantu dalam pelaksanaan penanggulangan bencana di daerah. 

BACA JUGA:315 BPD Sidoarjo Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

“Pramuka memiliki dasar dan taat kepada kode kehormatan Pramuka. Gerakan Pramuka punya potensi luar biasa dalam menginspirasi untuk peduli pada kemanusiaan,” tegas Arum Sabil. 

BACA JUGA:PDI-P Serahkan Surat Rekomendasi kepada Bacakada Jombang Mundjidah- Sumrambah

Untuk itulah, kwartir daerah membuat jumpa tokoh. Gerakan pramuka Jawa Timur, lanjut Arum Sabil, aktif mengirimkan bantuan untuk bencana alam gempa bumi di Malang maupun erupsi Gunung Semeru, serta penanaman pohon untuk lingkungan berkesinambungan.

BACA JUGA:Bahayakan Pejalan Kaki, JPO Jalan Ahmad Yani depan Uinsa-Ubhara Bakal Disambung

“Inilah kader yang siap, pelopor terhadap pencegahan bencana yang terjadi. Sosialisasi dan edukasi sehingga mengurangi terjadinya bencana di Indonesia. Kader yang menjaga mata rantai kehidupan. Sinergi dalam program kemanusiaan kebencanaan,” pungkasnya.

Selain Arum Sabil, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono juga menerima pin emas dalam hal serupa. Ia menegaskan bahwa pramuka selalu bersinergi dengan Pemprov dan BNPB untuk kemanusiaan. 

Sumber: