Jemaah Calon Haji Kabupaten Madiun Terserang Flu dan Batuk

Jemaah Calon Haji Kabupaten Madiun Terserang Flu dan Batuk

Jemaah calon haji asal Kabupaten Madiun yang mendapatkan perawatan karena terserang penyakit flu dan batuk akibat cuaca ekstrem.-Biro Madiun-

MADIUN, MEMORANDUM - Jemaah calon haji asal Kabupaten Madiun mendekati akhir pelaksanaan ibadah haji banyak yang terserang penyakit flu dan batuk. Akibat cuaca ekstrem di Makkah, Arab Saudi.

BACA JUGA:Truk Tabrak Truk di Tol Ngawi, 2 Tewas

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Madiun Bisri Mustofa, menginformasikan rata-rata, setiap hari tim kesehatan medis menangani 20 jemaah yang mengeluhkan sakit dan meminta obat. Namun, mayoritas dari mereka hanya mengeluhkan sakit ringan seperti flu dan batuk.

BACA JUGA:Cegah Korupsi Dana Desa, Kejari Kabupaten Madiun Terjunkan Tim Jaksa Garda Desa

"Menurut dokter, kondisi cuaca panas seperti ini memang tidak terasa berkeringat banyak karena langsung menguap, tapi nyatanya cairan tubuh kami terus dehidrasi," kata Bisri Mustofa saat dikofirmasi melalui sambungan telepon, Selasa 11 Juni 2024.

BACA JUGA:Penyaluran BLT-DD Desa Baturono di Lamongan Diduga Tabrak Permendes PDTT

Pun, panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Kabupaten Madiun itu juga tak kurang mengimbau para jemaah untuk rutin mengonsumsi air mineral satu jam sekali. Selain itu bagi jemaah yang hendak berkegiatan di luar hotel wajib memakai alat pelindung diri seperti masker dan pelindung tubuh dari terik sinar matahari.

BACA JUGA:52 Orang Ikuti Seleksi Direksi Tugu Tirta Kota Malang

"Kami selalu memberi imbauan pada para jemaah haji, untuk antisipasi dengan senantiasa membawa semprotan air dan minum air mineral setiap saat untuk mencegah dehidrasi," tandasnya. (*)

Sumber: