Polda Jatim Siagakan Ribuan Personel untuk May Day: Ini Titik Kumpul Massa

Polda Jatim Siagakan Ribuan Personel untuk May Day: Ini Titik Kumpul Massa

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Dirmanto.-Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM - Untuk mengamankan Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei, Polda Jatim telah menyiagakan ribuan personel gabungan TNI-Polri. 

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Dirmanto mengatakan, untuk pengamanan di wilayah Kota Surabaya, Polda Jawa Timur telah menyiapkan lebih kurang 1.758 personel untuk mem-back up Polrestabes Surabaya.

BACA JUGA:Bandit Ajak Anak Istri Curi Speedometer di Gresik Dihadiahi Timah Panas

“Kita libatkan juga personel TNI dan instansi samping,” kata Kombespol Dirmanto, Selasa 30 April 2024.

Dirmanto mengimbau kepada masyarakat yang memperingati May Day untuk tidak euforia yang berlebihan. Ia berharap agar buruh memperingatinya dengan khidmat dan santun. 

BACA JUGA:Ajak Anak Istri Mencuri Speedometer, Pria di Menganti, Gresik Babak Belur Dimassa

“Mari kita peringati May Day dengan membuat kegiatan yang membawa manfaat untuk masyarakat di lingkungan masing-masing,” ungkap Kabidhumas. 

Kombespol Dirmanto melanjutkan bagi para pengguna jalan agar menghindari jalan yang menjadi tempat kumpul massa buruh dan lokasi peringatan May Day. Dan bagi personel Polda Jatim yang disiagakan untuk memberikan jaminan keamanan nantinya akan dikomunikasikan dengan para ketua serikat pekerja dan serikat buruh.

BACA JUGA:Perahu Pengangkut Mahasiswa PMII Gresik Terbalik di Bawean, 1 Tewas

"Perwakilan dari luar Kota Surabaya yang merayakan May Day nanti kita kawal dan kita beri pengamanan agar tidak sampai mengganggu pengguna jalan yang lain,”ujarnya.

Dijelaskan oleh Kombespol Dirmanto, pengamanan May Day nantinya juga akan fokus di beberapa kantor pemerintahan yang menjadi titik aksi saat peringati may day. 

BACA JUGA:Penipuan Prewedding di Medsos, Pelaku Diciduk Polres Lamongan

“Di antaranya, Kantor DPRD Provinsi Jatim, Kantor Gubernur Jatim, dan Gedung Negara Grahadi. Selain itu juga ada beberapa lokasi lain yang turut menjadi perhatian dalam pengamanan,”ujar Kombes Dirmanto.

Lokasi lain yang akan menjadi fokus pengamanan saat peringatan May Day yakni, SPS Romokalisari, Bundaran Karang Poh, depan KBS serta, kawasan industri SIER.

Sumber: