Jangan Sembarangan, Mencium Bayi Dapat Menyebabkan Hal Berbahaya

Jangan Sembarangan, Mencium Bayi Dapat Menyebabkan Hal Berbahaya

bayi yang baru lahir memiliki kulit yang tipis serta sistem kekebalan tubuhnya masih lemah, sehingga bayi akan lebih sensitif terhadap sentuhan.-Bayu Sadewa Mulyantara-

MEMORANDUM - Ketika bertemu dengan bayi, pasti untuk mengungkapkan ekpresi cinta dan menggemaskan adalah dengan mencium bayi tersebut.

Apalagi bayi tersebur merupakan anggota keluarga, keponakan atau sepupu pastinya kita sangat sering sekali berinteraksi dengan bayi tersebut.

Namun ternyata mencium bayi terutama yang baru lahir dapat membahayakan kondisi kesehatan bayi tersbut lho.

Karena bayi yang baru lahir memiliki kulit yang tipis serta sistem kekebalan tubuhnya masih lemah, sehingga bayi akan lebih sensitif terhadap sentuhan.

Oleh sebab itu wajib diketahui apa saja bahaya mencium bayi agar kita selalu berhati hati saat pertama kali berinteraksi dengan bayi yang beru lahit.

BACA JUGA:Atasi Pilek dengan pijat Bayi

BACA JUGA:Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Orang Tua Baru memiliki bayi

Berikut adalah berbagai hal bahaya mencium bayi sembrangan yang dikutip dari, Halodoc:

1.    Memicu Alergi
Orang dewasa biasanya memakai kosmetik atau produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia, karena itu saat mencium bayi bahan kimia tersebut otomatis akan terkena kulit si bayi.

Jika bayi terpapar bahan kimia tersebut akan menimbulkan iritasi kulit dan alergi pada bayi.

Selain itu orang yang baru mengonsumsi susu, kacang kacangan atau makanan yang mengandung zat alergen juga berisiko akan membuat alergi pada Bayi, karena terpapat zat alergen.

2.    Infeksi Virus RSV
Respiratory Sycyntial Virus adalah virus yang dapat menginfeksi paru paru dan saluran pernapasan, virus tersebut sangat menular dan umumnya menyerang anak anak atau bayi sehingga membuat mereka kesulitan bernapas.

3.    Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut ( PTKM)
Penyakit ini biasa terjadi pada anak – anak dibawah usia 10 tahun yang penularannya disebabkan oleh kontak fisi seperti memeluk dan mencium bayi.

Tanda anak tertular penyakit ini adalah ketika anak mengalami demam, bisul, sariawan, dan ruam kulit disekitar mulut, tangan, dan kaki.

4.    Gigi Berlubang
Biasanya penyebab utama gigi berlubang adalah karena kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, namun faktanya pada bayi gigi berlubang dapat disebabkan oleh bakteri streptococcus mutans.

Bakter tersebut berasal dari dalam air liur dan bisa ditularkan ke bayi melalui ciuman, berbagai makanan dengan bayi, atau meniup makanan bayi tersebut.

5.    Sitem Kekebalan Tubuh Melemah
Ketika awal bulan lahir bayi sangat rentan terhadap penyakit ketika bakteri usus mereka masih dalam proses perkembangan.

Oleh karena itu setiap orang yang ingin bersentuhan dengan bayi harus memastikan bahwa mereka haru  terjaga kebersihannya dan tidak memiliki tanda tanda penyakit menular.

Itulah beberapa penyakit yang dapat terjadi jika mecium bayi atau bersentuhan dengan bayi secara sembarangan, untuk itu sebelum menjalin kontak fisik dengan bayi pastikan bahwa kamu dalam keadaan sehat dan bersih. (mg18)

Sumber: