Wow! Aset Perumda Aneka Usaha Seger Jombang dari Rp 2 Miliar Jadi Rp 27 Miliar

Wow! Aset Perumda Aneka Usaha Seger Jombang dari Rp 2 Miliar Jadi Rp 27 Miliar

Direktur Peruma Aneka usaha Seger, Jombang M Nasir SH MM dan Host Podcast Memorandum TV Eko Yudiono.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Perumda Aneka Usaha Seger Jombang meraih BUMD Top Award 2024. Apa saja rahasia kesuksesannya. Direktur Perumda Aneka Usaha Seger, Jombang  M Nasir SH MM menjelaskan Panjang lebar di Podcast Memorandum TV.

Bersama Host Podcast Eko Yudiono obrolan berlangsung gayeng. Podcast bakal tayang di channel YouTube MemorandumTV, Sabtu, 20 April 2024 mulai pukul 16.00.

Nasir menyebut, indikator atau penilaiannya antara lain Kesehatan perusahaan, inovasi dan sebagainya. “Penilaian ini juga tidak terlepas dari peraturan Menteri Dalam Negeri. Ada indikator dan rasio yang sudah kami lakukan. Juga inovasi yang kami lakukan,” jelasnya.

BACA JUGA:Akhir Pekan, Inter Miami Vs Nashville: Messi Starting Eleven, Jordi Alba Absen

Kata Nasir, penekanan kepada pengendalian inflasi daerah (PID) 2024 menjadi salah satu yang difokusnya oleh mereka. Mengambil bagian proses pengendalian kecukupan pengendalian inflasi daerah menjadi salah satu yang mereka kedepankan.

BACA JUGA:Mentan RI Launching Padi IPB 9 Garuda di Lamongan

Namun, tidak gampang membuat Perumda Aneka Usaha Seger seperti sekarang. Banyak proses yang harus dilalui. Menurut Nasir, mengubah mindset menjadi bagian terpenting.  Ketika masuk di  2021, Aneka Usaha Seger diampuh oleh ASN. 

“Sebelum saya masuk sempat defisit. Kemudian kami lakukan pembenahan mindset manajmen. Mindset Managing SDM-nya juga dibenahi,” imbuhnya.

Nasir perlu melakukan itu semua karena, di peraturan pemerintah, BUMD juga punya tiga tujuan. Antara lain, Kemaslatan masyarakat, pemenuhan kebutuhan dan terakhir tujuannya laba. “Percuma sebuah perusahaan didirikan tapi tidak memiliki tiga unsur ini utamanya laba,” urainya.

Oleh karena itu, Nasir kemudian melakukan restrukturisasi. “Alhamdulillah di tahun pertama ada kenaikan 343 persen profitnya. Di akhir 2021 kenaikannya sudah signifikan,” katanya. Di Jombang ada 4 BUMD. Nah, Perumda Aneka Usaha Seger secara rasio paling tinggi. Juga Paling bagus nilainya.  Itu tidak lepas dari pembenahan internal dan eksternal yang dilakukan Nasir.

“Karena kami bagian dari pemerintah. Koordinasi tetap kami lakukan secara kontinyu dengan pemerintah. Ada bagian bisnis yang tidak bisa dipisahkan dari pemerintan. Pemerintah men-support penuh terkait keberlangsungan Perusahaan,” tegasnya.

Diversifikasi usaha Perumda Aneka Usaha Seger berbagai macam. “Namun backbone usaha kami sebenarnya jasa layanan Kesehatan. Klinik, apotek dan laboratorium Kesehatan. Juga usaha percetakan,” bebernya.

Pengembangan usaha selain usaha di atas adalah perdagangan dan properti. 

“Kami bisa melayani perdagangan. Penjualan sembako. Sampai kami ditunjuk sebagai tim pengendali inflasi,” urainya.

Sumber: