Apakah Kuliah Online Masih Efektif?

Apakah Kuliah Online Masih Efektif?

Kuliah online memang bisa efektif jika adanya rasa tanggung jawab serta komitmen antara mahasiswa untuk belajar dan dosen sebagai pengajar.--Freepik

Selain materi yang diberikan oleh dosen mahasiswa juga dapat mencari tau lebih dalam melalui internet sehingga ilmu yang dipelajari makin berkembang.

4.    Dapat menghemat biaya.

Dengan memilih kelas online mahasiswa dapat menghemat biaya operasionalnya selama kuliah, hal itu dikarenakan mahasiswa dapat mengurangi uang transport karena kuliah bisa diakses dimana saja asal ada internet dan handphone.

BACA JUGA:5 Kebiasaan Penting Mahasiswa Kuliah yang Harus Diterapkan

Selain itu mahasiswa juga tidak perlu membeli buku atau komponen komponen terkait kuliah lainnya karena dengan sistem online, sebagian besar sumber informasi yang digunakan dalam mengajar sudah terdapat di internet.

5.    Memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri.

Dengan adanya sistem kuliah yang online membuat mahasiswa dapat mengakses materi kuliahnya secara mandiri.

Hal itu berguna bagi mahasiswa agar materi yang diberikan dapat dipelajari secara menyeluruh, karena mahasiswa dapat mengembangkan materi itu dengan melihat referensi lain melalui internet.

Namun disisilain disamping kelebihan yang didapat Ketika kuliah online, ada juga kekuranga yang dapat dijadikan pertimbangan mahasiswa ketika menerima kuliah online.

Kekurangan itu dikarenan adanya hal yang tidak bisa digantikan oleh kuliah secara online dibanding kuliah tatap muka.

Kekurangan kuliah online itu antara lain adalah kurangnya kesempatan untuk menjalin komunikasi secara langsung dengan dosen, tidak adanya waktu berdiskusi dengan orang lain karena kuliah online akan cenderung membuat individu terlalu mandiri dan kurang adanya tanggung jawab dalam pencapaian pembelajaran.

Kuliah online memang bisa efektif jika adanya rasa tanggung jawab serta komitmen antara mahasiswa untuk belajar dan dosen sebagai pengajar.

Pembelajaran memang sebaiknya dilakukan secara langsung atau tatap muka seperti yang sudah sewajarnya agar pendidikan bisa berjalan dengan optimal, namun adanya kelas online juga dapat mampu sebagai alternative ketika pembelajaran secara langsung tidak bisa dilakukan. (mg18)


Sumber: