Apakah Kuliah Online Masih Efektif?

Apakah Kuliah Online Masih Efektif?

Kuliah online memang bisa efektif jika adanya rasa tanggung jawab serta komitmen antara mahasiswa untuk belajar dan dosen sebagai pengajar.--Freepik

MEMORANDUM - Dimasa pandemi covid 19 melakukan pembelajaran secara online adalah alternative terbaik agar pendikikan masih bisa dilanjutkan.

Hal itu dikarenakan pada masa pandemi, orang orang dilarang untuk berkerumun dan diharuskan menjaga jarak ketika bertemu dengan orang lain, hal itu demi terhindarnya penularan virus covid 19 pada tahun 2020-2021 lalu.

Namun kini keadaan sudah kembali normal, masyarakat bisa melakukan aktivitas normal seperti biasa termasuk dalam aktivitas perkuliahan.

Akan tetapi tetap ada aktivitas pembelajaran atau kuliah secara online yang dilakukan, hal itu disebabkan adanya beberapa kampus yang menyediakan sistem kuliah online di dalam kurikulum atau dosen yang memilih kuliah online secara mandiri.

Hal itulah yang menjadi nilai labih dari kuliah secara online, melihat efektivitas waktu yang diberikan dan khususnya bagai mahasiswa kelas pekerja, kehadiran kelas online sangat membantu karena mereka dapat mengoptimalkan pekerjaan mereka tanpa takut tidak bisa mengikuti perkuliahan.

BACA JUGA:Ingin Kuliah sambil Bekerja? Inilah Tips dan Trik Bagi Kamu yang Ingin Sukses Mengelola Keduanya

BACA JUGA:Dunia Kuliah Itu Menyeramkan, Apa Benar? Ini 5 Fakta Perkuliahan yang Wajib Kamu Ketahui

Lalu apa sajakah kelebihan dari kelas online? Berikut penjelasannya:

1.    Mudahnya akses dalam belajar.

Mudahnya akses didalam perkuliahan membuat mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dengan mudah, para mahasiswa dapat menggunakan laptop atau handphone dalam mengikuti proses perkuliahan.

2.    Pengoptimalan waktu belajar.

Dengan kuliah secara online mahasiswa bukan hanya dilakukan dengan membuat kelas daring, namun juga dapat dilakukan dengan hanya pemberian materi serta tugas dengan begitu mahasiswa tidak perlu lagi meninggu jam kuliah, karena waktu yang ditentukan bisa disepakati lebih dahulu antara dosen dan mahasiswa.

3.    Terdapat banyak materi yang bisa diakses.

Ketika mahasiswa mengakses kelas online, mahasiwa juga dimudahkan untuk dapat mengakses materi yang memberikan nilai edukatif secara online.

Sumber: