Mengenal Amalan-Amalan Utama di Bulan Ramadan, Meraih Pahala dan Keberkahan

Mengenal Amalan-Amalan Utama di Bulan Ramadan, Meraih Pahala dan Keberkahan

Di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun selain itu ada banyak amalan utama lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan. --Freepik

MEMORANDUM - Di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun selain itu ada banyak amalan utama lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan.

Yuk, kita mengenal amalan-amalan utama di bulan Ramadan agar ibadah kita semakin optimal dan bermakna.

1. puasa

puasa merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan oleh seluruh umat Islam yang memenuhi syarat. puasa Ramadan berarti menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

2. Shalat Tarawih dan Witir

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah khusus yang dilaksanakan secara berjamaah di masjid pada malam hari selama bulan Ramadan. Sholat Tarawih biasanya dilakukan sebanyak 8 rakaat ditambah dengan 3 rakaat sholat witir.

3. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran di bulan Ramadan sangat dianjurkan. Rasulullah SAW biasa membaca khatam Al-Quran di bulan ini. Mari tingkatkan tadarus Al-Quran bersama keluarga atau di masjid untuk meraih pahala berlimpah.

BACA JUGA:Ramadan Bulan Penuh Berkah, Mengapa Kita Harus Menyambutnya dengan Gembira?

BACA JUGA:Jual Miras Saat Ramadan, Restoran di Jalan Tegalsari Surabaya Disegel

4. Memperbanyak Zikir dan Doa

Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk memperbanyak Zikir dan Doa. Perbanyaklah mengucapkan kalimat thayyibah (Laa ilaaha illallah), istighfar (memohon ampunan), dan Doa-Doa lainnya, seperti Doa memohon Lailatul Qadar.

5. Bersedekah dan Infak

Bersedekah dan Infak di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya. Mari berbagi kepada yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim, dan saudara muslim lainnya.  Zakat fitrah juga merupakan amalan wajib yang harus dikeluarkan menjelang Idul Fitri.

6. Itikaf

Itikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Itikaf biasanya dilakukan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, terutama pada malam-malam ganjil untuk mencari Lailatul Qadar.

7. Mempererat Silaturahmi

Ramadan adalah bulan untuk mempererat Silaturahmi dan persaudaraan sesama muslim.  Jalinlah komunikasi dengan sanak saudara dan teman, saling memaafkan, dan berkunjung ke rumah kerabat untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah.

BACA JUGA:Maksimalkan Bulan Ramadan dengan Menuai, dan Menebar Manfaat Melalui Media Digital


8. Menbaca Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di malam ini, doa-doa akan dikabulkan dan pahala dilipatgandakan. Mari memperbanyak ibadah dan amalan di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan untuk meraih berkah Lailatul Qadar.

9. Mempersiapkan Diri untuk Idul Fitri

Selain berfokus pada ibadah, bulan Ramadan juga menjadi waktu untuk mempersiapkan diri menyambut Idul Fitri.  Kita bisa mulai melunasi hutang puasa, menyiapkan zakat fitrah, dan membeli pakaian baru secukupnya.

10. Menjaga Hati dan Perilaku

Ibadah puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan hawa nafsu dan perilaku yang tidak terpuji. Mari menjaga lisan, perbuatan, dan hati agar ibadah puasa kita semakin sempurna dan membawa perubahan positif ke depannya.

Dengan menjalankan amalan-amalan utama di bulan Ramadan,  ibadah kita akan semakin optimal dan dicatat sebagai amal yang shalih.

Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita untuk menjalankan ibadah puasa dan meraih berkah di bulan suci Ramadan. (mg11)

Sumber: