Kadin Jatim Beri Penghargaan 11 Media Peduli Vokasi

Kadin Jatim Beri Penghargaan 11 Media Peduli Vokasi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur memberikan penghargaan "Media Peduli Vokasi" kepada 11 media di Jatim yang memiliki kontribusi besar dalam pemberitaan seputar program Vokasi yang telah dilaksanakan oleh Kadin Jatim.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur memberikan penghargaan "Media Peduli Vokasi" kepada 11 Media di Jatim yang memiliki kontribusi besar dalam pemberitaan seputar program Vokasi yang telah dilaksanakan oleh Kadin Jatim. Ke 11 Media tersebut adalah LKBN Antara, Jawa Pos, kabarbisnis.com, Radio Mercury, Harian Bhirawa, Rasio Suara Surabaya, Tribunnews, JTV, Memorandum, Radar Surabaya dan Harian Duta Masyarakat.

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menyampaikan langsung penghargaan terhadap 11 media massa di Jawa Timur. “Media ini memiliki komitmen terhadap percepatan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Jawa Timur,” ujar Adik Dwi Putranto saat peluncuran portal vokasi.net pada di Graha Kadin Jatim, Selasa 20 Februari 2024.

BACA JUGA: Kesulitan Akses Pasar 1,1 Juta, UMKM Nahdliyin Bangun Koneksi dengan Kadin Jatim

Kadin bekerjasama dengan IHT Trier Jerman melakukan percepatan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Jawa Timur.

Disampaikan Adik Dwi Putranto, bahwa portal vokasi.net yang diamanahkan kepada Kadin Jatim diharapkan bisa mensupport Tim Koordinasi Nasional Vokasi (TKDV) di Jatim dan kota kabupaten. Ia menegaskan bahwa isi portal adalah tentang informasi pendidikan dan pelatihan vokasi di seluruh Indonesia. Juga terkait materi vokasi dual system, informasi jurusan vokasi di seluruh Jatim, serta prodi di Poltek di Jatim serta informasi kompetensi yang dibutuhkan industri di Jatim. 

BACA JUGA:Kadin Jatim Pilih Perusahaan Jadi Pilot Project

"Ini yang akan kami masukkan sehingga nantinya industri akan masukkan informasi kompetensi apa yang dibutuhkan. Termasuk informasi kewirausahaan yang ada di Jatim. Oleh karena itu kami mengharapkan support dari SMK, industri, Apindo DNA seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama memproduktifkan SDM untuk meningkatkan daya saing," katanya.

BACA JUGA:Fasilitasi Permodalan, Kadin Jatim Gandeng Bank UMKM Jatim

Visi ini harus ditanamkan dengan kuat untuk ditanamkan di seluruh Kadin Provinsi dan Kadin kabupaten/kota, utamanya seluruh pengurus Kadin. Karena pemimpin yang memiliki komitmen kuat terhadap vokasi akan melahirkan program dan perencanaan yang kuat. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur IHK Trier Jerman Jan Glockuer mengatakan bahwa pendidikan vokasi telah dikembangkan bersama dengan empat mitra IHK Trier Jerman di Indonesia selama 6 tahun terakhir. Karena pendidikan dan pelatihan vokasi membutuhkan struktur.

"Penting semua pihak yang terkait melakukan langkah yang sejalan, karena itu portal vokasi.net bisa dijadikan basis. Selain itu pendidikan dan pelatihan vokasi harus lebih dipromosikan di masyarakat. Dan ini hanya bisa berjalan jika semua pihak yang terlibat betul-betul bekerjasama," katanya. 

Portal vokasi yang dibangun oleh IHK Trier tersebut sudah dialihkan pengelolaannya ke Kadin Jatim sebab harus ada satu pihak yang bertanggung jawab. "Tetapi ini juga kami tawakan kepada seluruh Kadin di Jatim dan di Indonesia. Kadin provinsi lain juga seharusnya ikut berkontribusi dalam mengembangkan portal ini. Ini adalah hasil kerjasama program kemitraan kami selama bertahun-tahun dan hari ini menjadi hal yang penting sebagai program kemitraan vokasi di Indonesia," katanya.

Sejauh ini IHK Trier dan Kadin Jatim telah bekerjasama dalam peningkatan vokasi sejak lama. Ada sejumlah program yang dilaksanakan, dan portal vokasi ini adalah hal yang penting. Program lain adalah pelatihan pelatih tempat kerja yang telah dilaksanakan di banyak daerah, pelatihan master trainer, juga penyelarasan kurikulum. "Kami juga  memperdayakan Kadin agar memiliki konsultasi vokasi yang bisa dampingi proses kemitraan atau proses penerapan pendidikan vokasi di perusahaan. Semua ini adalah balok kecil yang yang harus disusun dan kita tumpuk terus agar kualitas pendidikan di Indonesia betul-betul bisa berkembang," katanya. 

Saat ini IHK Trier Jerman telah bekerjasama dengan Edu Kadin di Jateng yang akan melaksanakan pendidikan vokasi di Jerman dan konsep ini juga akan dikerjasamakan dengan Kadin Jatim. 

Sumber: