5 Buah yang Dilarang untuk Bumil

5 Buah yang Dilarang untuk Bumil

-Ilustrasi-

Selain itu, papain dalam pepaya muda memiliki efek yang mirip dengan prostaglandin, yaitu hormon yang dapat menginduksi atau merangsang persalinan.

BACA JUGA:Ini Manfaat Mengonsumsi Buah Srikaya

Berbeda dengan pepaya muda, pepaya matang yang kulitnya sudah berwarna oranye atau kuning justru baik untuk ibu hamil. Pepaya yang matang merupakan sumber berbagai vitamin, seperti folat dan vitamin A, yang baik untuk ibu hamil.

3. Nanas

BACA JUGA:7 Buah untuk Menaikkan Trombosit dan Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

Makan nanas saat hamil dipercaya dapat menyebabkan keguguran dan berisiko melahirkan bayi lahir cacat. Isu ini mungkin berasal dari kandungan enzim bromelain dalam nanas.

Bromelain dalam bentuk tablet memang tidak direkomendasikan untuk wanita hamil, karena dapat mengganggu keseimbangan protein tubuh dan menyebabkan perdarahan. Meski begitu, kadar bromelain dalam buah nanas cukup rendah, sehingga tidak sampai memengaruhi kondisi ibu hamil dan janin.

BACA JUGA:Mengungkap Nutrisi dan Antioksidan yang Terkandung di Dalam Buah Kiwi

Bila dikonsumsi dalam jumlah wajar, nanas justru baik bagi ibu hamil, karena merupakan sumber vitamin C dan zat besi. Namun, hindari makan nanas terlalu banyak karena dapat meningkatkan asam lambung.

4. Pare

BACA JUGA:6 Buah yang Mengandung Kolagen, Baik untuk Merawat Kesehatan Kulit

Buah yang sering dikira sayuran ini dipercaya bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kepercayaan ini berasal dari pengobatan tradisional yang menggunakan pare untuk aborsi.

Hingga saat ini, belum ada studi yang menyebutkan bahwa pare bisa menyebabkan keguguran. Jadi, bila Bumil ingin makan pare, boleh saja kok, tapi konsumsilah dalam jumlah wajar.

BACA JUGA:Rajanya Buah, Simak 13 Fakta dan Manfaat Buah Durian yang Kaya Nutrisi!

Meski begitu, pare bisa memengaruhi kadar gula darah. Jadi, bumil dengan diabetes disarankan untuk tidak makan pare.

Sumber: