7 Buah untuk Menaikkan Trombosit dan Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

7 Buah untuk Menaikkan Trombosit dan Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

-Istimewa-

MEMORANDUM - Mengonsumsi buah untuk menaikkan trombosit diyakini mampu mempercepat penyembuhan demam berdarah. Jambu biji merupakan salah satu buah yang memiliki kemampuan tersebut. Selain itu, masih ada berbagai buah lain yang juga bermanfaat untuk menaikkan trombosit.

Berbagai buah untuk menaikkan trombosit memiliki kandungan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Trombosit atau keping darah berperan penting dalam proses pembekuan darah. 

BACA JUGA:Mengungkap Nutrisi dan Antioksidan yang Terkandung di Dalam Buah Kiwi

Turunnya kadar trombosit umumnya terjadi saat seseorang menderita penyakit demam berdarah. Selain itu, turunnya kadar trombosit juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat tertentu hingga menderita penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, anemia aplastik, sindrom urematik hemolitik, pembesaran limpa, dan kanker darah.

BACA JUGA:6 Buah yang Mengandung Kolagen, Baik untuk Merawat Kesehatan Kulit

 

Pilihan Buah untuk Menaikkan Trombosit:

BACA JUGA:Rajanya Buah, Simak 13 Fakta dan Manfaat Buah Durian yang Kaya Nutrisi!

1. Jambu Biji 

Jambu biji adalah buah untuk menaikkan trombosit yang paling banyak dikenal. Ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada buah tersebut. Dalam 1 buah jambu biji dengan berat sekitar 100 gram terkandung 87 miligram vitamin C. Penelitian menyebutkan bahwa vitamin C mampu menaikkan kadar trombosit dan sel darah putih pada penderita demam berdarah.

Selain buahnya, daun jambu biji juga diketahui ampuh untuk meningkatkan kadar trombosit. Penelitian mengungkap bahwa kandungan quercetin yang terdapat di dalam daun jambu biji berperan sebagai antivirus yang dapat menghambat replikasi virus Dengue penyebab demam berdarah.

Tips: Konsumsi daun jambu biji sebagai lalapan atau minum air rebusan daun jambu biji.

BACA JUGA:Jenis Buah Ini Ternyata Hanya Mengandung Sedikit Gula, Ada Kesukaanmu?

2. Mangga 

Sumber: