8 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan

-Ilustrasi-

BACA JUGA:Solusi Menanam Tanpa Tanah, 5 Tanaman Ini Cocok untuk Sistem Hidroponik!

3. Menutrisi rambut

Gel alami dari tanaman aloe vera sering digunakan sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar akibat paparan sinar matahari (sunburn). Ketika dioleskan, gel tersebut mampu mempersingkat waktu penyembuhan pada jaringan kulit yang mengalami luka bakar.

Tidak hanya itu, aloe vera juga mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Dengan begitu, kulit akan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Aloe vera juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau rambut.

BACA JUGA:Tanaman Obat: Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia

4. Mengobati luka bakar

Jika rambut Anda mudah kusut dan rontok, cobalah gunakan gel aloe vera untuk mengatasinya. Aloe vera mengandung beragam nutrisi dan zat kimia yang mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu, rambut akan tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur.

BACA JUGA:Pentingnya Perawatan Tanaman: Tips dan Trik untuk Tanaman yang Sehat dan Kuat

5. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat aloe vera juga bisa Anda peroleh dengan cara mengonsumsi daging tanaman tersebut, misalnya diolah dalam bentuk jus. Jika dikonsumsi secara teratur, jus aloe vera mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti mulas, sembelit, irritable bowel syndrome (IBS), dan penyakit asam lambung (GERD).

BACA JUGA:Tanaman Hias: Menciptakan Keharmonisan dan Kesejahteraan di Rumah

6. Mencegah dehidrasi

Aloe vera banyak mengandung air, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi. Selain itu, bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi jus aloe vera juga dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang selepas beraktivitas.

BACA JUGA:Lutein, Pewarna Alami Tanaman yang Kaya Akan Manfaat

7. Mencegah peradangan

Sumber: