8 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Masyarakat mengenal aloe vera sebagai tanaman untuk merawat kulit. Namun sebenarnya, tanaman yang lazim disebut lidah buaya ini juga memiliki segudang manfaat lain.

Di sejumlah negara, aloe vera sudah sejak lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Aloe vera kerap digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan, seperti sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi, dan kolik. Selain itu, aloe vera sering dipakai dalam bidang industri, kosmetik, farmasi, dan juga makanan.

BACA JUGA:Inilah 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Beragam Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan

Manfaat aloe vera untuk kesehatan tidak terlepas dari beragam nutrisi baik yang terkandung di dalamnya. Nutrisi yang terkandung dalam aloe vera meliputi kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, aloe vera juga mengandung beberapa enzim dan asam amino esensial.

BACA JUGA:Inilah 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Aman Digunakan

Berikut adalah manfaat aloe vera untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

 

1. Melembapkan kulit

Jika dioleskan ke kulit, getah dari aloe vera bisa menjaga kelembapan kulit secara alami. Hal ini karena aloe vera banyak mengandung nutrisi yang dapat menjaga kelembapan kulit, seperti antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim. Inilah yang menjadi alasan gel dari aloe vera bisa digunakan sebagai pelembap kulit.

Gel aloe vera juga memiliki tekstur yang lembut dan cepat meresap ke kulit, sehingga baik digunakan sebagai pelembap wajah bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau kulit kering.

BACA JUGA:8 Tanaman Pengusir Jin di Rumah untuk Keamanan dari Gangguan Makhluk Gaib!

2. Mengatasi masalah kulit

Selain menjaga kelembapan kulit, aloe vera mampu mengatasi beberapa masalah kulit, seperti ruam, jerawat, dan iritasi kulit.

Sumber: