Solusi Menanam Tanpa Tanah, 5 Tanaman Ini Cocok untuk Sistem Hidroponik!

Solusi Menanam Tanpa Tanah, 5 Tanaman Ini  Cocok untuk Sistem Hidroponik!

Metode pertanian tanpa tanah yang menggunakan larutan nutrisi untuk memberi makan tanaman, semakin populer di kalangan pencinta pertanian urban. -Unsplash-

MEMORANDUM - Hidroponik, metode pertanian tanpa tanah yang menggunakan larutan nutrisi untuk memberi makan tanaman, semakin populer di kalangan pencinta pertanian urban. 

Mempelajari tanaman yang cocok untuk sistem hidroponik adalah kunci keberhasilan dalam menciptakan kebun hidroponik yang produktif dan berkelanjutan. 

Mari kita eksplorasi beberapa tanaman yang sangat cocok untuk hidroponik dan bagaimana merawatnya dengan baik.

BACA JUGA:Penggunaan Pupuk Ramah Lingkungan: Mendukung Pertanian Berkelanjutan

1. Selada

Selada merupakan salah satu tanaman paling cocok untuk hidroponik. Selada dapat tumbuh dengan baik dalam sistem hidroponik karena memiliki sistem akar yang relatif kecil. 

Selain itu, selada cenderung memiliki siklus pertumbuhan yang cepat, sehingga Anda bisa memanen dan menikmati hasilnya dengan cepat.

BACA JUGA:Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi, Destinasi Wisata Pertanian dengan Udara Sejuk

2. Bayam

Bayam merupakan pilihan yang tak kalah menarik untuk hidroponik. Hampir sama seperti selada, bayam juga mengalami pertumbuhan yang cepat. Dengan menyediakan larutan nutrisi yang tepat, Anda dapat memanen bayam sekitar 3-4 minggu setelah penanaman. 

BACA JUGA:Pesona Keindahan Wisata Kebun Teh Jamus, Hamparan Hijau di Lereng Gunung Lawu

3. Tomat

Meskipun memerlukan perhatian ekstra, tomat bisa menjadi tanaman yang hasilnya sangat memuaskan untuk ditanam dalam sistem hidroponik. Tomat hidroponik memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan tomat konvensional, karena tidak terkontaminasi oleh pestisida.

BACA JUGA:Kebun Kurma Pasuruan, Tempat Wisata Edukasi

Sumber: