8 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan

-Ilustrasi-

Aloe vera nyatanya juga bisa mencegah munculnya peradangan di dalam tubuh. Hal ini karena aloe vera memiliki sifat antiinflamasi yang mampu menghambat dan menekan reaksi peradangan.

Sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh aloe vera juga baik digunakan untuk kulit, misalnya menenangkan atau mendinginkan kulit yang teriritasi. Saat dioleskan ke kulit, gel aloe vera bisa menenangkan kulit yang meradang dan menyegarkannya.

BACA JUGA:Cara Merawat Tanaman di Rumah Agar Tidak Mudah Layu.

8. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat aloe vera yang cukup mengejutkan adalah menurunkan kadar gula darah. Dalam beberapa penelitian dan percobaan klinis, mengonsumsi 2 sendok makan daging tanaman aloe vera per hari mampu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakan aloe vera untuk menurunkan gula darah, terlebih jika sedang mengonsumsi obat untuk diabetes. Konsultasikanlah dulu dengan dokter bila Anda ingin mencoba cara ini.

Perlu juga diketahui, jika ingin menggunakan aloe vera untuk kulit, pastikan Anda memilih gel aloe vera atau produk dengan kandungan aloe vera yang bebas alkohol agar tidak membuat kulit kering dan iritasi. Anda juga bisa menggunakan gel aloe vera yang diperkaya kandungan niacinamide serta vitamin, seperti vitamin E dan vitamin B.

Manfaat aloe vera yang beragam bagi kesehatan tentunya sayang jika dilewatkan. Namun, Anda harus tetap bijak dalam memanfaatkannya. Konsultasikan dengan dokter terlebih dulu apabila Anda ingin menggunakan aloe vera untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Hal ini penting untuk mencegah munculnya efek samping. (*)

Sumber: