Jarang Diketahui, Berikut Ini 6 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Jarang Diketahui, Berikut Ini 6 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

ilustrasi cek kolesterol--

BACA JUGA:Simak Penyebab Kolesterol yang Sering Disepelekan

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Durian Bikin Kolesterol Tinggi ? Ini Penjelasannya

4. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan. Dengan berhenti merokok, tubuh bisa menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) secara cepat.

HDL berfungsi untuk membersihkan kolesterol jahat di dalam darah dan mengembalikannya ke hati. Itulah sebabnya berhenti merokok bisa menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami.

5. Berolahraga secara rutin

Salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami yang efektif adalah dengan membiasakan diri berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari. Jika belum terbiasa, cobalah lakukan latihan fisik selama 10 menit dulu selama beberapa hari, lalu tingkatkan secara bertahap.

Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah bersepeda, berkebun, berenang, joging, dan senam aerobik.

6. Kurangi stres

Sebuah penelitian menyatakan bahwa stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Ini bisa terjadi karena hormon kortisol dan adrenalin yang dilepaskan ketika stres. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu kelola stres dengan baik dari waktu ke waktu.

Sumber: