Jarang Diketahui, Berikut Ini 6 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Jarang Diketahui, Berikut Ini 6 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

ilustrasi cek kolesterol--

SURABAYA, MEMORANDUM - Pada dasarnya, cara menurunkan kolesterol secara alami berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan sehat. Namun dalam artikel kesehatan kali ini kita akan memberikan cara alami menurunkan kolesterol dimana cara alami ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Mencoba cara menurunkan kolesterol secara alami bisa menjadi pilihan tepat sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol. Selain tidak menimbulkan efek samping, berbagai cara alami tersebut juga lebih bermanfaat terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:Sayuran Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi, Apakah Ada? Cek Faktanya Berikut Ini

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda coba:

1. Batasi makanan yang mengandung lemak jahat

Untuk menurunkan kolesterol secara alami, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat, yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Ini karena kedua jenis lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans meliputi makanan cepat saji, gorengan, makanan manis, dan roti-rotian yang dipanggang.

BACA JUGA:Inilah Batas Makan Telur bagi Penderita Kolesterol

BACA JUGA:Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tulang Hingga Dapat Menurunkan Kolesterol

2. Kurangi makanan manis

Mengurangi makanan yang tinggi gula juga menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Ini karena konsumsi gula berlebih mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Untuk mengontrol asupan gula, batasi penggunaan gula tambahan dan periksa kadar gula pada label makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

3. Batasi konsumsi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, mulai dari peningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga penyakit kardiovaskular. Jika Anda ingin mengonsumsinya, batasi takarannya dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 300 ml per harinya.

Sumber: