Penyebab Mata Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Terus Berair dan Cara Mengatasinya--

SURABAYA, MEMORANDUM - Mata berair terus terjadi ketika kelenjar air mata menghasilkan air mata secara berlebihan. Air mata sendiri berfungsi untuk melembapkan mata serta membersihkan kotoran di dalam atau di sekitar mata. 

Namun, air mata yang jumlahnya yang terlalu banyak justru bisa membuat mata menjadi kurang nyaman dan penglihatan menjadi kurang jelas.

Meski terkesan ringan, mata berair terus sebaiknya tidak dianggap sepele, terlebih ketika keluhan tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari

BACA JUGA:Kenali Dampak Negatif Tingginya Kadar Kolestrol Terhadap Kesehatan Mata

Beragam Penyebab Mata Berair Terus

1. Alergi

Penyebab paling umum mata berair terus adalah alergi. Alergi pada mata dapat dipicu oleh paparan debu, serbuk sari, asap rokok, polusi, atau bulu hewan peliharaan yang masuk ke dalam mata.

2. Iritasi mata

Mata berair terus juga bisa disebabkan oleh iritasi mata. Kondisi ini bisa terjadi akibat paparan zat kimia yang bersifat iritatif pada mata atau penggunaan lensa kontak yang terlalu lama dan tidak tepat.

3. Infeksi mata

Infeksi mata juga bisa menyebabkan mata berair terus. Pasalnya, saat terinfeksi, mata akan lebih banyak menghasilkan air mata untuk membasmi bakteri dan virus penyebab infeksi. Mata akan terus berair hingga infeksi berhasil diatasi.

BACA JUGA:Mengatasi Mata Merah, Ini Penyebab dan Cara Efektif untuk Menyembuhkannya

4. Mata lelah

Mata yang kelelahan, misalnya karena terlalu lama menatap gawai atau membaca buku, bisa menyebabkan mata Anda menjadi kering. Saat kondisinya kering, mata akan memproduksi lebih banyak air mata untuk mengembalikan kelembapannya. Hal ini kemudian akan membuat mata berair terus.

Sumber: