1.500 Bidang Sertifikat PTSL Produk Kantor Pertanahan Kota Surabaya I Siap Diserahkan

1.500 Bidang Sertifikat PTSL Produk Kantor Pertanahan Kota Surabaya I Siap Diserahkan

Kegiatan sosialisasi program PTSL di Kelurahan Pradah Kalikendal.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kantor Pertanahan Kota Surabaya I terus mengukuhkan langkahnya dalam merealisasikan visi menjadikan Surabaya sebagai Kota Lengkap.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya I, Kartono Agustiyanto mengatakan, dalam waktu dekat aga segera menyerahkan 1.500 bidang sertifikat PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) pada tahun anggaran 2023.

"Melalui upaya maksimal, Kantor Pertanahan telah berhasil menyelesaikan target awal 1.000 sertifikasi hak atas tanah (SHAT) di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Ketintang dan Bangkingan, pada bulan September," ujar Kartono, Selasa, 28 November 2023.

BACA JUGA:Kantor Pertanahan Surabaya Komitmen Amankan Aset Pemkot

Kartono menambahkan, setelah menyelesaikan 1.000, pihaknya kini fokus pada penyelesaian tambahan 500 bidang sertifikat untuk Kelurahan Babat Jerawat dan Kelurahan Pradah Kali Kendal.

Proses ini diproyeksikan selesai akhir November, yang akan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Kami berkomitmen untuk terus mempercepat proses pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) guna mendukung pembangunan dan kemajuan Surabaya. Dengan penyelesaian proyek ini, kami tidak hanya memenuhi target tahun ini tetapi juga memperkuat tekad kami untuk menjadikan Surabaya sebagai pusat yang lengkap dan teratur dalam aspek kepemilikan tanah," beber Kartono.

BACA JUGA:PLN UPT Surabaya Apresiasi Kantor Pertanahan Surabaya II

Dalam pandangannya, Kantor Pertanahan Kota Surabaya I berencana untuk terus melakukan percepatan dalam pelaksanaan program PTSL.

Kartono menegaskan optimisme bahwa setiap kesempatan untuk mengerjakan program ini akan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Ia menambahkan, "Makanya terus kita kebut. InsyaAllah tahun depan program PTSL masih terus berjalan. Tergantung berapa kotanya, dan untuk kelurahan mana saja," urainya.

Dengan demikian, upaya keras Kantor Pertanahan Kota Surabaya I tidak hanya mencerminkan pencapaian target secara kuantitatif.

Tetapi juga menggambarkan tekad yang kuat untuk memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan Kota Surabaya.

BACA JUGA:Pakai Aplikasi, Kantor Pertanahan Surabaya I Layani 50 Pemohon

Berikut total rincian program PTSL tahun 2023 sebanyak 1.500 bidang meliputi:
 
1. Bangkingan  850 bidang
2. Ketintang 150 bidang
3. Babat Jerawat  250 bidang
4. Pradah Kalikendal  250 bidang.(mik)

Sumber: