Deklarasi Damai, Pj Bupati Tulungagung Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2024

Deklarasi Damai, Pj Bupati Tulungagung Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2024

Elemen masyarakat Tulungagung deklarasi damai Pemilu 2024. -Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Deklarasi Pemilu Damai 2024 digelar serempak di sejumlah kabupaten di wilayah Korem 081/DSJ, Rabu, 8 November 2023.

Acara dipusatkan di Korem Madiun dan disiarkan secara langsung serta interaktif di beberapa wilayah. Salah satunya di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso dengan dihadiri Forkopimda Tulungagung, KPU dan Bawaslu Tulungagung, perwakilan parpol peserta pemilu di Tulungagung, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta perwakilan mahasiswa dan perguruan silat di Tulungagung.

Mereka satu per satu menyampaikan ikrar Pemilu Damai 2024. Semuanya sepakat, agar pemilu tahun depan bisa berjalan damai dan sukses di Tulungagung.

BACA JUGA:Ciptakan Kondusifitas, Pj Bupati Jombang Tanda Tangan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Di hadapan tamu undangan, Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno mengatakan, secara umum tidak ada pihak yang ingin melihat pemilu tidak damai.

Oleh sebab itu, PJ Bupati Heru mengajak seluruh elemen masyarakat bersepakat mensukseskan Pemilu 2024.

"Dari ikrar yang disampaikan tadi, semuanya sepakat pemilu damai. Kita tinggal menjaga komitmen ini, dan berupaya mewujudkan pemilu yang damai," ujarnya.

BACA JUGA:Pemilu Damai 2024, Kapolres Bojonegoro Jalin Silaturahmi Bersama Dai Kamtibmas

Menurut Heru Suseno ada beberapa indikator suksesnya pemilu. Seperti, pemilu yang dilakukan sesuai dengan tahapannya. Kemudian, pemilu yang terlaksana dengan aman dan terkendali. Selanjutnya, partisipasi masyarakat yang merasa aman dan nyaman saat mengikuti pemilu dan menggunakan hak pilihnya.

"Itu beberapa indikatornya pemilu yang sukses. Kita bisa bersama - sama mewujudkannya," jelasnya.

Heru menambahkan soal netralitas ASN, pihaknya menegaskan ada sanksi bagi ASN yang tidak netral. Oleh karena itu pihaknya menjamin netralitas ASN dalam Pemilu 2024.

BACA JUGA:Ciptakan Pemilu Damai 2024, Polres Blitar Rutin Patroli dan Sambang Dialogis

"Tentu akan ada sanksi bagi (ASN) yang melanggar. Tidak usah khawatir, berulang kali kami sampaikan kalau kami ini netral dan terus akan menjaga netralitas ini," ungkapnya.

Hal sama juga disampaikan oleh Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto.

Sumber: