Hari Kesehatan Nasional, Satresnarkoba Polres Jember Ingatkan Kawula Muda Jangan Coba-coba Gunakan Narkoba

Hari Kesehatan Nasional, Satresnarkoba Polres Jember Ingatkan Kawula Muda Jangan Coba-coba Gunakan Narkoba

Kasat Reserse Narkoba Polres Jember, Iptu Nurmansyah, SH., MH., di hadapan para pemain sepak bola binaannya-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Kasat Reserse Narkoba Polres JEMBER, Iptu Nurmansyah, SH., MH., mengingatkan kepada kawula muda di Kabupaten JEMBER untuk tidak mencoba-coba menggunakan Narkoba.

Hal ini disampaikannya pada momentum Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November.

Menurut Nurmansyah, narkoba merupakan ancaman serius bagi masa depan generasi muda. Narkoba dapat merusak kesehatan fisik dan mental, serta memicu tindak pidana dan kriminalitas lainnya.

BACA JUGA:Mantan Kasat Lantas Ngawi Gantikan AKP Arum Inambala Sebagai Kasat Lantas Polres Jember

"Narkoba dapat merusak masa depan generasi muda dan merusak citra bangsa Indonesia," kata Nurmansyah.

Data Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut, prevelensi penggunaan narkoba di Indonesia sebesar 1,95 % atau sebanyak 3,6 juta jiwa.

Di Jawa Timur sendiri, jumlah kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba di tahun 2022 sebanyak 7.060 kasus.

BACA JUGA:Operasi Sepekan, Satreskoba Polres Jember Ungkap 7 Kasus Narkoba dan Okerbaya

"Di Jawa Timur sendiri di tahun yang sama pengungkapan kasus narkoba Polres Jember juga yang tertinggi yakni 172 kasus, dengan ungkap barang bukti jenis okerbaya sebanyak 332.998 butir dan narkotika sebanyak 1,2 kg sabu serta 4 butir pil ekstasi," ungkap Nurmansyah.

Ironisnya, kata Nurmansyah, penyalahgunaan narkoba ini justru sering terjadi di kalangan remaja. Berawal coba-coba karena ingin membuktikan dampak yang bisa didapatkan, pada akhirnya menjadi kecanduan dan akhirnya kesulitan untuk berhenti menggunakan.

"Inilah mengapa penting dilakukan sosialisasi atau penyuluhan terkait bahaya narkoba pada remaja di setiap daerah, termasuk di Kabupaten Jember," kata Nurmansyah.

BACA JUGA:Polres Jember Ungkap 8 Kasus Narkotika dengan 9 Tersangka, 2 Residivis

Nurmansyah juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Jember untuk selalu menjaga dan turut serta dalam upaya mensosialisasikan dan memberantas peredaran narkoba dengan cara melaporkan langsung kepada kepolisian terdekat.

"Mari kita bersama-sama memerangi narkoba demi generasi muda yang sehat dan berprestasi," pungkasnya.(edy)

Sumber: