Lintas Sektoral Jadi Penentu Akreditasi Puskesmas Kedundung

Lintas Sektoral Jadi Penentu Akreditasi Puskesmas Kedundung

Puskesmas Kedundung, Kecamatan Magersari Kota. Mojokerto--

MOJOKERTO, MEMORANDUM - Sejumlah Puskesmas di Kota Mojokerto didatangi tim surveyor akreditasi untuk melakukan penilaian tingkat pelayanan mutu faskes pertama tersebut. 

Di Puskesmas Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Tim surveyor melakukan penilaian menuju akreditasi paripurna, artinya selangkah lagi Puskesmas Kedundung mendapat predikat akreditasi sempurna. Namun dalam penilaian akrdetiasi paripurna ini meliputi dukungan lintas sektoral swperri kantor kecamatan setempat polisi dan TNI.

Camat Magersari Ary Setyawan mengatakan,  seluruh UPT Puskesmas di Kecamatan Magersaria  akan lolos akreditasi Paripurna. Sebab, program kerja puskesmas mendapatkan support penuh dari lintas sektoral. Ia mengaku yakin Puskesmas Kedundung ini akan lolos penilaian akreditasi Paripurna.

BACA JUGA:Pemkot Mojokerto Berikan Layanan Konsultasi Hukum Hingga Kelurahan

“Tentu saja saya yakin Puskesmas Kedundung akan mendapatkan Akreditasi Paripurna,” ucapnya kepada wartawan di sela mendampingi tim akreditasi, Senin 6 November 2023.

Dalam penilaian akreditasi ini, tim Surveyor Akreditasi juga melakukan survei kepada supporting lintas sektoral diantaranya Kecamatan, Koramil dan Polsek.

Hal itu untuk mengetahui atau menfaktualkan apa yang dilakukan puskesmas dalam bidang kesehatan benar adanya dan sejauh mana keterlibatan supporting lintas sektoral terhadap program kerja puskesmas.

BACA JUGA:Komitmen Turunkan Angka Sunting, Pemkot Mojokerto Libatkan Kelurahan Pantau Gizi Balita

“Kami yakin akan mendapatkan akreditasi paripurna karena persyaratannya juga sudah terpenuhi,” tukasnya.

Sementara itu, Tim Surveyor Bambang mengatakan, akreditasi ini dilakukan untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan dan keselamatan pasien di Puskesmas Kedundung. Ia mengakui jika pelayanan di Puskesmas Kedundung ternilai cukup baik.

Dalam akreditasi kali ini, Tim Surveyor melakukan menilai sejumlah aspek. Diantaranya, manajemen pengelolaan, pelayanan dan sarana prasarana. Dari semua aspek ini, diharapkan Puskesmas bisa memberikan pelayanan yang paripurna terhadap masyarakat.

BACA JUGA:Pemkot Mojokerto Lakukan Percepatan Lelang Proyek Fisik

“Semua kita nilai, termasuk pelayanan kondisi gedung dan sarprasnya sehingga masyarakat bisa puas dalam pelayanan," pungkasnya.(war)

Sumber: