Narkoba Awal Kejahatan, Peran Penting Orang Tua Awasi Anak

Narkoba Awal Kejahatan, Peran Penting Orang Tua Awasi Anak

Moch Widodo--

Surabaya, Memorandum - Kasus narkotika masih menjadi persoalan serius di Indonesia. Untuk memeranginya butuh peran semua stakeholder dan juga masyarakat memiliki andil penting.

Moch Widodo, tokoh masyarakat Asemrowo, Surabaya, mengaku sangat miris tingginya kasus peredaran narkotika saat ini. Tidak hanya menyasar orang dewasa, generasi muda pun juga menjadi pasar bagi mereka pengedar gelap narkotika.

"Bahkan beredar narkotika jenis baru pil yaba yang menyasar milenial. Kami menyayangkan hal tersebut, mengapa pil jenis baru itu bisa beredar di kalangan generasi muda. Ini dampaknya meluas. Harusnya pihak terkait bisa mecegah sebelum pil tersebut beredar luas," tandas Widodo, Senin, 18 September 2023.

Karena menyasar generasi muda, selain pemerintah dan kepolisian maupun BNN punya peran penting dalam membasmi peredaran gelap narkotika itu. Orang tua punya peran sangat penting mendukung pemberantasan narkotika jenis baru tersebut.

"Cuma kembali lagi. Permasalahan itu dikembalikan kepada pengawasan orang tua pada anak dengan lingkungan sekitar. Begitu juga dengan aparat kepolisian. Yang memang dari awal sudah saya sampaikan kurang gregetnya dalam pengawasan di tiap kampung-kampung," ungkapnya.

Menurutnya pencegahan bisa dilakukan sejak dini, mulai dari keluarga dan lingkungan kampung. 

"Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Narkoba inilah awal dari kejahatan. Jika tidak segera dilakukan tindakan oleh aparat jelas akan merusak genersi kita. Intinya pengawasan dimulai dari keluarga(ortu)," pungkasnya. (alf/fer)

 

Sumber: