Perwira Siswa Suspaidikla TNI AL Kunjungi Kejari Surabaya

Perwira Siswa Suspaidikla TNI AL Kunjungi Kejari Surabaya

--

Surabaya, memorandum - Sebanyak 30 orang perwira siswa Suspaidikla TNI AL berkunjung ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Selasa (12/9/2023). Kunjungan tersebut dalam rangka Latihan Teknis Peninjauan Lapangan TA. 2023.

Para perwira siswa yang dipimpin Mayor Laut (P) Sofian Nurdin, SH. selaku Paopsjar Sefung Kodiklatal diterima langsung oleh Joko Budi Darmawan, SH., MH. Kajari Surabaya didampingi oleh para Kasi dan Kasubbagbin.

Dalam kesempatan tersebut, para perwira siswa yang merupakan calon penyidik TNI AL diberikan pembekalan terkait tupoksi Kejaksaan serta fungsi koordinatif antara penyidik dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terutama dalam hal penegakan hukum di laut seperti tindak pidana perikanan dan tindak pidana lainnya yang terjadi di laut.

Kajari Surabaya Joko Budi Darmawan juga menyampaikan pentingnya mengedepankan hati nurani dalam penegakan hukum.

"Aparat penegak hukum harus melihat latar belakang seseorang tersebut melakukan tindak pidana, kondisi perekonomian orang tersebut dan hal lainnya. Jangan sampai orang yang mencari ikan di laut akibat ketidaktahuannya dan hanya untuk mencari makan sehari-hari lalu dipidanakan," ujar Kajari Surabaya.

Kegiatan ditutup dengan pemberian cinderamata dan sesi foto bersama. (gus)

 

Sumber: