Pemkab Tulungagung Gelar Gebyar Undian Berhadiah Pajak Daerah Tahun 2024

Pemkab Tulungagung Gelar Gebyar Undian Berhadiah Pajak Daerah Tahun 2024

Pj Bupati Heru Suseno bersama Sekda Tri Haryadi.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Pemkab Tulungagung melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggelar gebyar undian berhadiah pajak daerah tahun 2024. Kegiatan yang sudah memasuki tahun ketiga ini merupakan apresiasi Bapenda kepada kepatuhan wajib atas penggunaan tapping box di lokasi kerjanya.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Bapenda Pemkab Tulungagung, ada 104 unit usaha hiburan, hotel, restoran dan lainnya yang telah memasang tapping box dan terhubung langsung dengan server milik Bapenda.

Tapping box ini akan langsung merekam pendapatan lokasi usaha tersebut per transaksi, sehingga pembayaran pajak bisa lebih transparan.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelontorkan Rp 1,4 M Agar Tak Jadi Juru Kunci Capaian UHC

Kepala Bapenda Pemkab Tulungagung, Lilik Ismiati dalam sambutannya mengapresiasi wajib pajak yang taat dan patuh dalam pembayaran pajak. Maka dari itu pihaknya menggelar kegiatan ini dengan sasaran adalah pelanggan unti usaha tersebut yang berasal dari berbagai daerah.

Lilik menjelaskan, dampak positif dari pemasangan tapping box adalah meningkatnya realisasi pajak hotel, pajak hiburan, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan catatan yang dimilikinya, pada periode sama di tahun sebelumnya, ada peningkatan signifikan dalam realisasi pajak - pajak tersebut.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Buka Pendaftaran 521 Formasi P3K Tahun 2024

Seperti pajak hotel pada periode yang sama di tahun 2023 sebanyak Rp 3,765 miliar. Sedangkan kali ini sudah mencapai Rp 4,37 miliar atau meningkat 8,19 persen.

Kemudian untuk pajak restoran dibandingkan periode yang sama mengalami kenaikan 30,5 persen, dari realisasi tahun sebelumnya sebesar Rp 9,9 miliar menjadi Rp 12,97 miliar.

"Untuk pajak hiburan itu kenaikannya sampai 12,95 persen, dengan realisasi sebesar Rp 2,1 miliar di tahun lalu menjadi Rp 2,449 miliar di tahun ini," ucapnya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Mantan Pejuang Terima Penghargaan

Masih menurut Lilik, dalam pengundian ini pihaknya menggunakan pengundian metode elektronik, mulai dari pengumpulan kupon sampai pengundiannya.

"Kita sediakan hadiah 8 handphone, 10 LED tv, 4 MTB dan 2 sepeda motor," jelasnya.

Sumber: