Warga Banyuurip Kidul V Kompak Hajar Pelaku Curanmor

Warga Banyuurip Kidul V Kompak Hajar Pelaku Curanmor

Lokasi pencurian motor yang digagalkan warga di Jalan Banyuurip Kidul Gang V--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Belasan warga Jalan Banyuurip Kidul Gang V kompak menghajar Haryono (39), setelah tepergok mencuri motor milik Rendi warga sekitar, Senin 7 Oktober 2024, pagi. Alhasil, pria asal Jalan Kapasan itu babak belur.

Rendi, pemilik motor menjelaskan, jika aksi pencurian itu terjadi sekitar pukul 04.30. Saat itu, ia berniat untuk berangkat belanja kebutuhan dapur di pasar sekitar. Seperti biasa, ia mengeluarkan motor dari rumah.

Saat hendak berangkat, korban lupa belum membawa uang dan catatan belanja. Ia pun kembali masuk ke rumahnya. Sementara motor diletakkan di depan teras. "Sudah saya kunci setir," kata Rendi ditemui di rumahnya, Kamis 10 Oktober 2024, sore.

BACA JUGA:Maling HP dan Tabung Elpiji Kebon Dalem Dimassa

Di dalam rumah, korban mendengar suara mesin motor miliknya mendadak menyala. Ia pun bergegas keluar untuk memastikan motornya aman. Benar saja, saat keluar, ia melihat motornya ditunggangi pelaku.

"Saat yang bersamaan, saya mendengar suara tetangga saya yang berteriak maling.  Sembari mengejar pelaku yang membawa motor saya itu. Pelaku sudah putar balik mau kabur saat itu," tandas Rendi.

Teriakan tersebut, memancing warga lain untuk mengepung dan menghajar pelaku. "Kebetulan saat itu, warga sini baru saja pulang dari salat subuh di Masjid. Mereka berkerumun menghajar pelaku," ucap dia.

BACA JUGA:Bandit Curanmor Kedinding Lor Dimassa

Selain tersangka yang diamankan, diduga, ada satu pelaku yang berperan sebagai joki melarikan diri saat itu. "Kata orang-orang (warga, red) ada lemotor yang kabur saat warga berteriak maling. Diduga dia adalah sindikat maling tersebut," tutup Rendi.

Usai dihajar massa, pelaku lalu diamankan anggota Reskrim Polsek Sawahan. "Warga ada yang lapor (Polsek Sawahan). Pelaku langsung dibawa oleh anggota," pungkas pemuda 20 tahun itu.

Sementara itu, Kapolsek Sawahan Kompol Domingos De F Ximenes membenarkan telah mengamankan pelaku. Kini pelaku masih diperiksa untuk pengembangan. "Ya mas. Saat ini masih pengembangan.Nanti akan dirilis. Mohon waktu," kata dia.(fdn)

Sumber: