Hiu Tutul Raksasa Mati Terdampar di Pantai Puger, Upaya Penyelamatan Gagal

Hiu Tutul Raksasa Mati Terdampar di Pantai Puger, Upaya Penyelamatan Gagal

Hiu Tutul di Pantai Puger Kondisinya Tidak Bisa Terselamatkan--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Sebuah peristiwa langka dan menyedihkan terjadi di Pantai Getem, Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Jember. Seekor hiu tutul raksasa dengan panjang sekitar 7 meter dan berat 5 ton ditemukan terdampar dalam kondisi lemah pada Sabtu 21 September 2024.

Tim gabungan yang terdiri dari relawan Brandal Alas Rescue, relawan barat daya, Satpol Air Polres Jember, dan nelayan setempat telah berusaha keras untuk menyelamatkan mamalia laut tersebut. Namun, upaya mereka tidak membuahkan hasil. Hiu tutul yang diperkirakan telah terdampar akibat terbawa arus dan ombak besar akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Viky Renggong dari relawan barat daya BPBD Kabupaten Jember mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan segala upaya untuk menyelamatkan hiu tutul tersebut. "Kondisi hiu sudah sangat lemah dan tidak bergerak. Kami sudah berusaha menariknya ke tengah laut, namun tetap tidak berhasil," ujarnya. 

BACA JUGA:Hiu Tutul 1 Ton Terdampar di Pantai Selatan Desa Selok Anyar

Sementara itu, atas kejadian alam ini pihak masyarakat dan nelayan melihat' dari dekat hiu nahas tersebut, dan berbagai spekulasi sempat muncul jika kondisi alam tidak baik baik saja, dan ada juga yang memang ombak lagi tinggi dan diduga ikan tersebut mengejar segerombolan ikan di bibir pantai dan terdampar.

Pihak satpolair polres jember, Aipda agus riyanto selaku KBO menyampaikan jika kondisi ikan sangat lemah. Kami bersama tim gabungan berusaha menyelamatkan dibawa ke tengah laut namun tidak berhasil dan meninggal.

“Kami bersama relawan sudah berusaha semaksimal mungkin, dan kondisi ikan sangat lemah dan ini sudah mati, tidak bisa terselamatkan kami mohon maaf,” jelasnya.(edy)

Sumber: