Polres Pasuruan Punya Kampung Lalu Lintas di Perumahan TPI, Kasatlantas Apresiasi Inovasi Warga

Polres Pasuruan Punya Kampung Lalu Lintas di Perumahan TPI, Kasatlantas Apresiasi Inovasi Warga

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Deni Eko Prasetyo meninjau Kampung Tertib Lalu Lintas di Perumahan TPI Beji.-Muhamad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Saat Anda memasuki Perumahan Taman Permata Indah (TPI) di Beji Pasuruan, Anda akan menjumpai kampung Tertib Lalu Lintas. Ya, di ujung perumahan ini sampai mentok ke utara, ada RT yang warganya kompak dan semangat menjadikan kampungnya tertib berlalu lintas. 

BACA JUGA:Satlantas Polres Pasuruan Jaring 2.670 Pelanggar Lalin

Itu bisa dilihat ketika memasuki kampung ini. Sebuah gapura terpasang tinggi menjulang. 

"Selamat Datang di Kampung Tertib Lalu Lintas RT 07 RW 04 Perumahan Taman Permata Indah," begitu bunyi gapura lengkap dengan ornamen dan simbol tertib lalu lintas. 

Tidak hanya itu. Inovasi yang dilakukan warga juga tampak beragam. Ada pemasangan imbauan keselamatan di setiap rumah, pemasangan rambu lalu lintas, kemudian ada replika lampu lalu lintas di pertigaan, serta pengecatan jalan dengan warna biru putih.

BACA JUGA:Satlantas Polres Pasuruan Kenalkan Safety Riding di Sekolah

Uniknya lagi, warga juga memasang CCTV untuk memantau pelanggaran lalu lintas. Di mana Ketua RT akan memberikan teguran kepada si pelanggar. Selain itu, Pos Lantas juga dibangun di pintu masuk perumahan. Hal ini untuk menjaga keamanan antar warga. Mereka secara bergantian menjaga lingkungannya.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Deni Eko Prasetyo hadir langsung mengamati setiap sudut Kampung Tertib Lalu Lintas ini. Kaslan, panggilan singkat jabatan Kasatlantas ini juga memberikan apresiasi atas inisiatif warga di Perumahan Taman Permata Indah (TPI) Beji. 

"Para warga telah berinisiatif membentuk Kampung Tertib Lalu Lintas. Saya berharap langkah ini dapat diikuti oleh kampung-kampung lain di wilayah Pasuruan," ujarnya. 

BACA JUGA:Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Satlantas Polres Pasuruan Gelar Bakti Religi

“Ya, tentu kami sangat mengapresiasi inisiatif warga perumahan TPI yang membentuk RT Tertib Lalu Lintas. Kami berharap hal ini bisa menjadi contoh bagi RT lainnya,” ujar kasatlantas kepada awak media, Selasa 17 September 2024.

Sebelumnya, inovasi warga ini juga mendapat atensi dari Ditlantas Polda Jatim. Tercatat pada Rabu lalu, Tim Asistensi Ditlantas Polda Jatim mengunjungi dan melakukan penilaian di Kampung Tertib Lalu Lintas tersebut. Kampung yang berada di RT 07/RW 04 ini telah menerapkan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan kesadaran dan keselamatan berlalu lintas.

BACA JUGA:Antisipasi Tragedi Subang, Satlantas Polres Pasuruan Temukan Bus Pariwisata Tidak Laik Jalan

Di sisi lain, Satlantas Polres Pasuruan juga turut memberikan edukasi dan pelatihan safety riding kepada warga kampung. Kampung ini berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan selalu tertib berlalu lintas. (mh)

Sumber: