Polres Trenggalek Jadi Prajurit Keraton dalam Hari Jadi Ke-830 Pemkab

Polres Trenggalek Jadi Prajurit Keraton dalam Hari Jadi Ke-830 Pemkab

AKP Zainul Abidin memimpin pasukan pengawal pusaka dalam peringatan Hari Jadi ke 830 Kabupaten Trenggalek--

TRENGGALEK, MEMORANDUM.CO.ID - Kepolisian Resor Trenggalek turut berpartisipasi dalam rangkaian peringatan Hari jadi ke-830 Kabupaten Trenggalek. Kepolisian Bumi Menak Sopal ini turut mengerahkan sejumlah anggotanya untuk bertindak sebagai pasukan pengawal pusaka, Sabtu 31 Agustus 2024.

Dalam prosesi adat tersebut, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya dua peleton anggota. Tak seperti pengawalan pada umumnya, anggota kepolisian ini tidak menggunakan seragam coklat melainkan mengenakan pakaian tradisonal khas pengawal keraton.

Peleton pertama merupakan pasukan pengawal bersenjata api, pakaian bermotif lurik dengan hiasan kain berwarna kuning menyilang di dad lengkap dengan penutup kepala prajurit. Sementara peleton kedua adalah pasukan pengawal dengan senjata tombak dan penutup kepala berupa blangkon. Sementara para pemimpin atau komandannya dilengkapi dengan senjata pedang.

BACA JUGA:Patroli Genthong Polres Trenggalek Salurkan Bantuan Air Bersih ke Warga

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K. mengatakan, keterlibatan Polres Trenggalek dalam iring-iringan kirab budaya tersebut erupakan bentuk nyata dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya prosesi Hari jadi ke-830 Kabupaten Trenggalek.

“Juga sebagai wujud apresiasi, karena kegiatan ini adalah acara bersama, hajat semua masyarakat Kabupaten Trenggalek. Termasuk jajaran kepolisian.” Ujarnya.

Semantara itu Kasatreskrim AKP Zainul Abidin, S.H. selaku koordinator pasukan pengawal pusaka menegaskan, keseluruhan anggota yang dilibatkan adalah anggota Polri khususnya dari jajaran Satreskrim maupun Polsek jajaran.

BACA JUGA:Polres Trenggalek Bekuk Pelaku Curat

“Kebetulan Polres Trenggalek masih memiliki beberapa senjata api lama yang bisa kita gunakan sebaga media pelengkap sebagaimana prajurit keraton baik so Yogyakarta maupun Surakarta.” Ujarnya.

Tak ketinggalan, pihaknya juga menyampaikana terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Trenggalek dan segenap panitia yang telah memberikan kesempatan kepada Polres Trenggalek untuk turut berpartisipasi dalam rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-830 Kabupaten Trenggalek.(Hum)

Sumber: