329 Caleg DPRD Terpilih dari PDIP se-Jatim Ikuti Pembekalan

329 Caleg DPRD Terpilih dari PDIP se-Jatim Ikuti Pembekalan

Caleg terpilih DPRD dari PDIP Jawa Timur saat pembekalan diikuti 308 caleg DPRD kabupaten/kota serta 21 caleg DPRD Provinsi Jawa Timur.--

SURABAYA, MEMORANDUM - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar acara pembekalan untuk calon anggota legislatif periode 2024-2029 terpilih. pembekalan diikuti 329 caleg terpilih. Rinciannya, 308 caleg DPRD Kabupaten dan Kota serta 21 caleg DPRD Provinsi Jawa Timur.

Ketua DPP sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, MH Said Abdulllah menyampaikan, pembekalan berfokus pada pemaparan materi ideologi Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

“Serta implementasi Pancasila di dalam tiga tugas atau fungsi dewan. Yakni fungsi penganggaran, legislasi, dan pengawasan,” terang Said Abdullah saat pembekalan Selasa 6 Agustus 2024.

Acara digelar di Harris Hotel and Conventions, Malang. “Kepada para peserta pembekalan, para caleg terpilih dari PDI Perjuangan, selamat mengikuti acara pembekalan,” jelas Said Abdullah.

BACA JUGA:KPK Tetapkan 21 Tersangka Pokir DPRD Jatim

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno menyatakan, pembekalan ini untuk memberikan pengetahuan terkait tugas dan fungsi anggota legislatif.

“Utamanya dalam memahami 3 fungsi anggota legislatif yaitu legislasi, penganggaran, dan pengawasan. Kemudian membangun sinergi dengan 3 pilar partai,” jelasnya.

Untari menekankan bahwa anggota legislatif adalah pilar penting dalam roda organisasi kepartaian PDIP. Yang dalam perjalanannya harus membangun sinergi dengan struktural partai dan kepala daerah.

“Sehingga berhasil membangun bonding yang kuat, agar dalam bertugas bisa betul betul bertugas sesuai dengan arah perjuangan partai, utamanya dalam kerja-kerja nyata kemasyarakatan,” ungkap Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut.

BACA JUGA:KPK Tetapkan 4 Anggota DPRD Jatim Jadi Tersangka Kasus Suap Dana Hibah

Sedang Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan Jatim, Daniel Rohi menambahkan, acara pembekalan ini sebagai suatu usaha dari DPD PDI Perjuangan Jawa Timur untuk memberikan bekal kepada calon anggota DPRD terpilih agar mereka dapat bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi sebagai anggota DPR.

Daniel menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara pembekalan dengan tertib dan serius. Mengingat narasumber yang dihadirkan merupakan tokoh-tokoh penting dan berpengalaman.

“Saya berharap acara ini bisa diikuti dengan tertib dan serius karena yang hadir untuk membekali teman-teman calon anggota DPR ini adalah tokoh tokoh nasional yang punya reputasi dan berpengalaman,” ucap Daniel Rohi.

Narasumber yang dihadirkan antara lain, Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Wakil Sekretaris Jendral Bidang Komunikasi PDIP Adian Yunus Yusak Napitupulu dan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari.

Sumber: