Plh Gubernur Jatim Buka Festival Dewi Cemara dan Pekan Kebudayaan Daerah di Ngawi

Plh Gubernur Jatim Buka Festival Dewi Cemara dan Pekan Kebudayaan Daerah di Ngawi

Plh. Gubernur Jatim Bobby Soemiarsono saat membuka gebyar Dewi Cemara di Alun-Alun Merdeka Ngawi, 3 Agustus 2024.--

NGAWI, MEMORANDUM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur untuk kesekian kalinya menggelar Festival Dewi Cemara dan Pekan Kebudayaan Daerah. Tahun ini festival digelar di Alun-Alun Merdeka Ngawi dihadiri langsung oleh pelaksana harian (Plh)  Gubernur Jawa Timur Bobby Soemiarsono.

Sesuai jadwal, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menggelar Festival Dewi Cemara dan Pekan Kebudayaan Daerah selama 2 hari yakni mulai tanggal 3 dan 4 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Plh Gubernur Jatim Imbau Masyarakat Tidak Golput

BACA JUGA:Forkopimda Jatim Kunjungi TPS di Gresik, Plh Gubernur: Kesiapan Dipastikan Aman

Plh. Gubernur Jatim Bobby Soemiarsono mengatakan,  acara Dewi Cemara ini adalah kepanjangan dari Desa Wisata Cerdas Mandiri Sejahtera. Ia berharap, Dewi Cemara ini kedepannya bisa menumbuhkan desa - desa menjadi tujuan wisata. 

"Desa wisata ini bukan hanya titik saja akan tetapi perlu adanya kegiatan ekonomi dilakukan oleh masyarakat desa. Jadi bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya. 

Dia menyampaikan, jika Dewi Cemara ini merupakan program yang masuk dalam RPJMD Jatim Harmoni sehingga sudah tertuang di dalam RKPD sehingga melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur untuk bisa meningkatkan atau memunculkan desa wisata yang baru dengan berbagai macam produknya. 

"Dengan meningkat dan munculnya desa wisata akan muncul berbagai produk seperti dari holtikultura, peralatan rumah tangga dan lainnya sehingga apabila sudah terfokuskan akan mudah mencarinya," ujarnya. 

BACA JUGA:Plh Gubernur Jatim Tinjau Logistik Pemilu di Sidoarjo

BACA JUGA:Plh Gubernur Jatim Sidak Kesiapan Pemilu 2024, Ada Apa ?

Kepala Disbudpar Provinsi Jatim Evy Afianasari menambahkan,  melalui Misi Jatim Harmoni yakni “Menjaga Harmoni Sosial dan Alam dengan Melestarikan Kebudayaan dan Lingkungan Hidup” dalam Nawa Bhakti Satya Gubernur dan Wakil Gubernur, berkomitmen mengakomodir program unggulan. Terlebih dengan adanya 32 desa wisata dari Kabupaten/Kota di Jawa Timur dapat menarik masyarakat untuk berkunjung baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. 

"Pogram Dewi Cemara ini diharapkan akan ada destinasi wisata baru yang mampu meningkatkan kapasitas pengetahuan masyarakat setempat melalui perjumpaan budaya. "Ujarnya

"Hal ini diharapkan mampu untuk menghidupkan perekonomian desa," imbuhnya

BACA JUGA:Kemendagri Tunjuk Adhy Karyono Plh Gubernur Jatim, Lalu Siapa Pj Gubernur Jatim? Ini Kandidat Kuatnya

Sumber: