Kemendagri Tunjuk Adhy Karyono Plh Gubernur Jatim, Lalu Siapa Pj Gubernur Jatim? Ini Kandidat Kuatnya

Kemendagri Tunjuk Adhy Karyono Plh Gubernur  Jatim, Lalu Siapa Pj Gubernur Jatim? Ini Kandidat Kuatnya

Khofifah Indar Parawansa didampingi Emil Dardak dan Adhy Karyono--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kemendagri menunjuk Sekretaris Daerah Jatim Adhy Karyono sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Timur.

Hal ini setelah masa jabatan Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur, bersama wakilnya Emil Elestianto Dardak berakhir Selasa, 13 Pebruari 2024. 

Penunjukan Adhy Karyono itu dinyatakan  berdasarkan radiogram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia bersifat segera, nomor 100.2.1.3/753/SJ. Surat radiogram tertanggal 12 Februari 2024 itu ditandatangani Mendagri Tito Karnavian.

“Dengan penunjukan Adhy Karyono selaku Plh Gubernur Jatim, maka tidak terjadi kekosongan kepala pemerintahan di Jawa Timur,” ujar Khofifah kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi.

Memang, sebelum radiogram itu resmi diterimanya, Khofifah menyatakan sudah berkomunikasi dengan Sekjen Kemendagri.

BACA JUGA:Gubernur Jatim Serahkan SK Mendagri Perpanjang Jabatan Pj Wali Kota Batu

BACA JUGA:Gubernur Khofifah Lantik Pj Bupati Sampang dan Pj Wali Kota Probolinggo

Saat berkomunikasi melalui telepon itu, ujar Khofifah, kekosongan jabatan Kepala Daerah di Jatim diisi oleh Plh. Sedangkan Pj Gubernur Jatim, baru akan dilantik hari Jumat 16 Pebruari 2024.

Lalu siapa Pj Gubernur Jatim?

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan PLH maupun PJ akan dinahkodai oleh orang yang sama. Artinya, peluang Adhy Karyono menjadi PJ Gubernur Jatim semakin besar. "PLH dengan PJ InsyaAllah orang yang sama," ujarnya.

Diperoleh informasi,  Pj Gubernur Jatim yang bakal dilantik, mungkin Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono sendiri. Sebab,  sebelumnya,  nama Adhy Karyono masuk dalam tiga daftar nama yang diusulkan DPRD Jatim ke Kemendagri, pertengahan 2023 lalu.

Dua lainnya, selain Adhy Karyono, adalah Adi Suryanto Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Irjen Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir.

Tetapi, Kepala LAN, Adi Suryanto meninggal dunia pada 15 Desember 2023 lalu. Jadi, tinggal dua nama usulan Pj Gubernur Jatim. Nama Adhy Karyono  kelihatannya lebih memungkinkan  menjadi pengganti Khofifah.

Terpisah Ketua Komisi A DPRD Jatim Adam Rusydi menyampaikan informasi terakhir yang diterima Komisi A, nama Pj Gubernur hanya tinggal gedok nama. "Insyaallah kemarin saya dapat informasi dari Kemendagri, itu sudah tinggal penentuan nama saja," kata Adam.

Sumber: