Manfaatkan Lahan Negara untuk Urban Farming, PDI-P Surabaya Apresiasi Warga Pagesangan

Manfaatkan Lahan Negara untuk Urban Farming, PDI-P Surabaya Apresiasi Warga Pagesangan

Pengurus dan kader PDI-P Surabaya bersama warga Pagesangan panen kangkung.--

SURABAYA, MEMORANDUM - PDI Perjuangan (PDI-P) Surabaya memberikan apresiasi kepada masyarakat RT 5/RW 1 Pagesangan yang telah berhasil menyulap lahan tak terpakai milik negara untuk dijadikan urban farming.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Sekretaris PDI-P Surabaya Achmad Hidayat saat mengunjungi Taman Getol Km 15.400 di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, pada Rabu, 31 Juli 2024.

Kunjungan tersebut dalam rangka mengapresiasi semangat kemandirian pangan warga yang memanfaatkan lahan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk urban farming.

"Saya sangat mengapresiasi semangat warga Jambangan yang mau berdikari dalam urusan pangan," ujar Achmad Hidayat saat berdialog dengan warga, termasuk Taufik, seorang profesional di bidang perkebunan yang turut mendampingi kegiatan panen kangkung.

BACA JUGA:PDI-P Serahkan Surat Rekomendasi kepada Bacakada Jombang Mundjidah- Sumrambah

Taman Getol Km 15.400 merupakan ruang publik yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat, khususnya warga RT 5/RW 1 Pagesangan. Selain kangkung, taman ini juga ditanami berbagai jenis tanaman pangan lain seperti pakcoy, jambu kristal, melon, hingga pisang cavendish.

Achmad Hidayat optimis, jika setiap kampung mampu memanfaatkan lahan tidur dan berkolaborasi dengan teknologi pertanian seperti planter bag, maka kebutuhan pangan warga dapat terpenuhi tanpa harus selalu membeli.

"Kita bisa menanam dan memanen sendiri," ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Achmad Hidayat turut serta dalam panen kangkung bersama warga. Ia membeli 300 ikat kangkung seharga Rp 2.500 per ikat untuk dibagikan kepada warga sekitar.

BACA JUGA:PDI-P Galang Koalisi di Pilgub Jatim 2024, Said Abdullah Siap Duduk Bersama Gus Halim

Sementara itu, Enggar Turbani sekretaris PAC Jambangan yang turut hadir dalam kegiatan ini menegaskan komitmen bahwa PDI-P selalu hadir dan bergotong royong dalam berbagai aktivitas yang memberikan dampak positif bagi warga, termasuk urban farming.

"Kegiatan panen kangkung ini menjadi bukti nyata semangat berdikari dalam urusan pangan yang digaungkan oleh PDI Perjuangan Surabaya. Melalui urban farming, diharapkan warga dapat semakin mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka," pungkasnya.(bin)

Sumber: