Diresmikan Bupati Fandi Akhmad Yani, IPKT RSUD Ibnu Sina Gresik segera Layani Pasien Kanker

Diresmikan Bupati Fandi Akhmad Yani, IPKT RSUD Ibnu Sina Gresik segera Layani Pasien Kanker

Bupati Fandi Akhmad Yani meninjau Gedung Instalasi Pelayanan Kanker Terpadu (IPKT) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina.-Faishal Danny-

GRESIK, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terus membuktikan komitmennya dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terbaru, Bupati Fandi Akhmad Yani meresmikan Gedung Instalasi Pelayanan Kanker Terpadu (IPKT) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina Gresik, Kamis 25 Juli 2024.

BACA JUGA:Beri Pelatihan Berbasis Medsos, Tim Penmas UWKS Dongkrak Pelajar Surabaya Makin Cakap Berbahasa Inggris

Fasilitas pengobatan kanker dengan radioterapi di IPKT RSUD Ibnu Sina ini diharapkan bisa mempercepat proses pelayanan pengobatan kanker untuk warga Gresik dan sekitarnya. 

BACA JUGA:Komplotan Bandit Motor 12 TKP Ditembak, Diotaki Mantan Karyawan Teknisi Apartemen

“Pengadaan peralatan radioterapi ini melalui dana DAK. Ada dua rumah sakit di Pulau Jawa yang mendapatkan bantuan DAK radioterapi ini. Satu di Kota Solo dan satunya RSUD Ibnu Sina di Kabupaten Gresik. Kami berharap layanan radioterapi di RSUD Ibnu Sina ini bisa meng-handle pasien dari Kabupaten Gresik dan sekitarnya seperti Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro,” ungkap Fandi Akhmad Yani. 

BACA JUGA:Kombespol Anang Pudjijanto Jadi Guru dan Bapak Asuh bagi Calon Pimpinan Wilayah dan Nasional

Bupati Fandi Akhmad Yani yakin, dengan adanya IPKT ini akan sangat memudahkan warga dalam mendapatkan pengobatan kanker lebih cepat. Hal ini mengingat selama ini, penanganan pasien kanker di RSUD Ibnu Sina Gresik pasien hanya dilakukan pembedahan untuk penanganan kegawatdaruratan, kemudian dirujuk ke rumah sakit lain.

BACA JUGA:Pakar Hukum: Revisi UU Polri Ancam Kemandirian dan Akuntabilitas Polri

Peralatan utama di IPKT RSUD Ibnu Sina ini adalah CT Simulator dan Linear Accelerator (LINAC). Dengan CT Simulator ini dapat diketahui secara detail bagian tubuh yang akan diberi terapi. Alat ini juga membantu dokter melihat bentuk dan ukuran kanker pasien. Sedangkan LINAC dapat digunakan di seluruh bagian tubuh dan sangat cocok untuk menangani kanker yang sensitif terhadap radiasi.

BACA JUGA:Peringati Hari Mangrove Sedunia, Cargill Resmikan Arboretum Mangrove dan Ajak Aksi Tanam 16.000 Bibit Mangrove

Untuk tenaga kesehatannya, juga sudah lengkap mulai dari Dokter Spesialis Onkologi Radiasi, Dokter Spesialis Bedah Onkologi, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Onkologi Hematologi, hingga Fisikawan Medis, Radioterapi Terapis (RTT), dan Perawat radioterapi. “Prinsipnya semua sudah siap, tinggal menunggu keluarnya izin,” terang dr Sony MKes, Direktur RSUD Ibnu Sina yang mendampingi Bupati Yani.

BACA JUGA:Vonis Bebas Gregorius Ronald Tannur, Peradi Surabaya: Keputusan Aneh!

Peresmian IPKT RSUD Ibnu Sina ini, melengkapi capaian kinerja bidang kesehatan Pemkab Gresik. Pembangunan dan penyediaan pelayanan bidang kesehatan adalah salah satu prioritas Bupati Fandi Akhmad Yani. Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Gresik tahun 2023 sebesar 78,44 poin, lebih tinggi dari rata-rata Provinsi Jawa Timur yang sebesar 74,65 poin. Dari komponen Kesehatan, yakni Usia Harapan Hidup Kabupaten Gresik tahun 2023 sebesar 74 tahun.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Musnahkan Barang Bukti Narkoba Hasil RJ

Sumber: