Peminat Ponpes Tinggi, MUI Jatim: Mampu Bentuk SDM Unggul, Mandiri dan Disiplin

Peminat Ponpes Tinggi, MUI Jatim: Mampu Bentuk SDM Unggul, Mandiri dan Disiplin

Lia Istifhama.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebagai salah satu pilihan sekolah yang kian diminati masyarakat karena menggabungkan konsep pendidikan agama dan pendidikan formal, pondok pesantren (ponpes) masa kini juga dinilai sudah semakin banyak yang beradaptasi dengan sistem pembelajaran modern.

Disampaikan Sekretaris MUI Jatim Dr Lia Istifhama MEI, saat ini ponpes telah menjelma menjadi lembaga pendidikan yang canggih. Alhasil, banyak menghasilkan santri yang karib dengan perkembangan teknologi, berkiprah dalam banyak bidang kewirausahaan, dan kaya inovasi.

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi pendidikan di ponpes. Di ponpes, anak ditempa agar disiplin secara waktu, lalu lebih mandiri, dan membentuk character building anak menjadi lebih tegas sekaligus berani secara positif," kata Lia Istifhama, Selasa, 16 Juli 2024.

Apa yang disampaikan Lia yang merupakan anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 ini bukan isapan jempol. Pasalnya, Lia turut menyekolahkan anaknya di salah satu ponpes di Surabaya. Sehingga dia ikut merasakan dan paham betul output yang dihasilkan oleh ponpes.

BACA JUGA:Ponpes Tanfirul Ghoyyi Lamongan Lahirkan Lulusan Hafiz

Menurutnya, keberadaan ponpes juga memudahkan pemerintah dalam mencetak SDM unggul guna bekal menyambut Indonesia Emas 2045. Untuk itu, dia berharap ponpes terus berkomitmen dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Di ponpes semuanya dapat, baik itu ilmu, mental, dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Terlebih berbicara generasi emas tentu tak terlepas dari dunia digital. Nah, ternyata ponpes masa kini telah menjadi lembaga pendidikan yang tak terlepas dari digital," katanya.

Seperti diketahui, ponpes menjadi salah satu opsi bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Animo masyarakat pun terbilang tinggi. Mulai banyak anak-anak yang disekolahkan di ponpes alih-alih bersekolah di sekolah negeri atau swasta.

"Kami berharap ponpes dapat terus melahirkan manusia-manusia yang unggul dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di segala bidang," pungkas perempuan yang karib disapa Ning Lia ini. (bin)

Sumber: