Tak Ada Target, Piala AFF U-19 Jadi Ajang Persiapan Kualifikasi AFC U-20

Tak Ada Target, Piala AFF U-19 Jadi Ajang Persiapan Kualifikasi AFC U-20

Pelatih Indonesia, Filipina, Timor-Leste dan Kamboja saat konferensi pers.-Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-19 akan melakoni pertandingan pertama di ajang Piala AFF U-19 menghadapi Filipina U-19 di Gelora Bung Tomo, Rabu 17 Juli 2024, pukul 19:30 WIB. Piala AFF U-19 ini merupakan ajang persiapan Timnas untuk Kualifikasi Piala AFC U-20 2025 yang diselenggarakan September mendatang. 

Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan Piala AFF U-19 sebagai persiapan timnya untuk ajang Kualifikasi Piala AFC di September mendatang. 

"Tentu ajang ini akan kami gunakan sebagai sasaran di tiga pertandingan grup dan insyaallah bisa melangkah dibabak selanjutnya untuk menambah jam terbang pemain timnas. Dan pengalaman untuk tim ini semakin berkualitas," kata Indra Sjafri. 

Indonesia sendiri diajang kualifikasi AFC U20 mendatang juga menjadi tuan rumah. Arkan Kaka dkk satu grup dengan Yaman, Maladewa, serta Timor Leste. 

BACA JUGA:Sukseskan Piala AFF U-19, Polda Jatim Siapkan 2.959 Personel Gabungan untuk Pengamanan

Dalam 23 rilis pemain, tidak ada nama Ji Da-bin yang sebelumnya menjadi andalan di timnas kelompok umur. Menurut Indra Sjafri sebelumnya ada 40 naman yang didaftarkan namun ada sistem promosi dan degradasi untuk mencari pemain terbaik. 

Dari beberapa kali training camp dan ujicoba, setidaknya ada 28 pemain yang dibawa ke Surabaya. Untuk pemilihan 23 pemain di ajang ini, coach Indra Sjafri dan tim pelatih mengklaim telah melakukan seleksi ynag objektif. 

"Ini berdasarkan pengamatan-pengamatan visual dilapangan sekecil apapun, dan melibatkan orang-orang yang ahli dibidangnya, kita lakukan psikotes, tes fisik secara detail tanpa melihat individu. Jadi yang saya butuhkan adalah hasil yang terbaik dan itulah yang saya pilih," jelasnya. 

"Jadi tidak berfikir dia pemain dengan nama besar atau pendatang baru, tetapi yang terbaik sesuai yang kita butuhkan itulah yang kita pilih," tutupnya.(rid)

Sumber: