Suroan di Wilayah Hukum Polres Tulungagung Kondusif

Suroan di Wilayah Hukum Polres Tulungagung Kondusif

Iptu Mujiatno -Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Peringatan Suroan di Tulungagung, yang bertepatan dengan malam pergantian tahun baru Islam atau 1 Muharram pada Sabtu 6 Juli 2024, berlangsung kondusif hingga Minggu 7 Juli 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Kasi Humas Iptu Mujiatno.

Dijelaskan Iptu Mujiatno, guna memastikan keamanan dan menciptakan harkamtibmas di wilayah hukumnya saat malam Suroan, Polres Tulungagung menggelar patroli skala besar dengan menggandeng TNI dan Satpol PP.

Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Menurut Iptu Mujiatno, polisi menggelar patroli skala besar sebab, hari itu bertepatan dengan banyak kegiatan masyarakat menjelang pergantian tahun baru Islam.

BACA JUGA:Jelang Suroan, Polres Lamongan Optimalkan Patroli Cipta Kondisi

"Kegiatan pengamanan diawali apel di halaman Mapolres Tulungagung, dipimpin Wakapolres Kompol Christian Bagus Yulianto, diikuti oleh segenap personel yang terlibat pengamanan," terangnya.

Iptu Mujiatno mengatakan, untuk pengamanan malam Suro, Polres Tulungagung mengerahkan ratusan personel. 

"Kita juga dibantu oleh polsek jajaran yang juga melakukan hal sama di wilayah kerjanya masing-masing. Dalam menyambut malam 1 Muharram, banyak masyarakat Tulungagung yang merayakan dengan kegiatan keagamaan serta acara malam tirakatan,” ungkapnya.

Mujiatno merinci, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan secara serentak seperti kegiatan keagamaan, kemudian ritual oleh perguruan pencak silat, menjadi yang mendapatkan perhatian polisi.

BACA JUGA:Jelang Suroan, Ini yang Disampaikan Bupati Ikfina

Pihaknya memastikan pelaksanaan kegiatan tersebut tidak menggangu harkamtibmas di masyarakat, begitu juga sebelum dan sesudahnya.

"Kita menerjunkan anggota dalam pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup di sejumlah kegiatan masyarakat. Semua bisa berjalan lancar, dan masyarakat lainnya bisa beraktivitas dengan nyaman seperti sedia kala," pungkasnya. (fir/fai)

Sumber: