Sambut HUT Ke-78 Bhayangkara, Polda Jatim Gelar Baksos dan Bakkes di Ponorogo

Sambut HUT Ke-78 Bhayangkara, Polda Jatim Gelar Baksos dan Bakkes di Ponorogo

Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay meresmikan sumur dalam di Kabupaten Ponorogo. -Farid Al Jufri-

PONOROGO, MEMORANDUM - Rangkaian HUT ke-78 Bhayangkara, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, bersama pejabat utama (PJU) Polda Jatim menggelar bakti sosial (baksos) dan bakti kesehatan (bakkes) yang dipusatkan di Kabupaten Ponorogo.

BACA JUGA:Kelabuhi Polisi, Sembunyikan Ekstasi di Kardus Bekas Bubur Bayi 

Didampingi Forkopimda Kabupaten Ponorogo kegiatan sosial itu ditempatkan di Dusun Wotan, Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Selasa 25 Juni 2024.

BACA JUGA:RSUD Surabaya Selatan dan Utara Rencana Dibangun Tahun Depan 

Pada kesempatan tersebut Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto juga meresmikan pembangunan sumur dalam untuk solusi kekeringan masyarakat setempat.

BACA JUGA:889 Kendaraan Operasional Pemkot Surabaya Dilelang, Diganti Kendaraan Listrik 

Irjenpol Imam Sugianto mengatakan bakti sosial serentak Polda Jatim dalam rangka hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dipusatkan di Kabupaten Ponorogo ini diikuti oleh seluruh jajaran polres/ta/tabes.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Lamongan Siap Sambut Pengunjung Libur Sekolah 

“Tujuannya untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang nantinya akan dukung percepatan ekonomi inklusif dan berkelanjutan,” ujar Irjenpol Imam Sugianto.

BACA JUGA:Opsgab TIMPORA Minahasa Tenggara Cek Izin Keimigrasian WNA 

Di samping itu, pada kegiatan bakti sosial kali ini juga dilaksanakan pembagian 21.801 ribu paket bantuan sosial yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polda Jatim, serta bakti religi di 796 tempat ibadah baik masjid, gereja maupun vihara.

BACA JUGA:HUT Ke-6 Memorandum.co.id, Support dari PT Terminal Teluk Lamong Surabaya dan PT Terminal Petikemas Surabaya 

“Untuk pembuatan sumur dalam atau sumur bor ini tercatat sudah ada 4 titik di Kabupaten Ponorogo dan 44 titik yang tersebar di setiap kabupaten/kota,” ujar Irjen Imam Sugianto.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ziarah dan Tabur Bunga di TMP WR Supratman 

Selain itu ada juga kegiatan bedah rumah yang sudah dilaksanakan hingga saat ini sebanyak 29 lokasi.

BACA JUGA:Jadilah Pahlawan Kebaikan, PT PLN (Persero) UIP JBTB Gelar Donor Darah Tahunan di Kompleks Ketintang 

“Kegiatan ini sebagai wujud konkret kepedulian Polri dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dijemput Pulang dari Pondok Pesantren, Kaget Anak Babak Belur 

Diharapkan pengadaan sumur dalam atau sumur bor ini dapat membantu masyarakat mendapatkan air bersih terutama pada saat musim kemarau.

BACA JUGA:Cegah Penyembunyian Aset Kepailitan, BHP Surabaya Ajak Stakeholder di Palangka Raya Bersinergi 

Selain untuk keperluhan rumah tangga, Kapolda Jatim juga berharap keberadaan sumur dalam ini dapat dimanfaatkan sebagai irigasi sawah masyarakat.

BACA JUGA:Bakti Religi hingga Bedah Rumah, Warnai HUT Ke-78 Bhayangkara 

Dalam kegiatan bakti kesehatan, Polda Jatim juga menggandeng TNI serta stakeholder terkait. Tercatat kurang lebih 1.500 pasien dengan 9 poli yang disiapkan di antaranya, poli penyakit dalam, pemeriksaan umum, THT, mata, stunting, KB, khitan, gigi, layanan donor darah, dan layanan disabilitas

BACA JUGA:Rahmat Santoso Maju Bacalon Bupati Blitar 

“Mudah-mudahan bisa memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, ada kesehatan umum, pemberian obat-obatan, penyuluhan kesehatan," tuturnya.

BACA JUGA:Dandim Lumajang Dukung Peningkatan Kinerja BAZNAS dalam Raker Tahunan 

Usai melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan, Kapolda Jatim melakukan zoom meeting yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menyampaikan kegiatan baksos dan bakti kesehatan yang dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo.

BACA JUGA:Mengaku Captain Kapal, Pria Asal Tanjung Priok Gasak Uang dan Motor 

Sebagai informasi, tema peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun ini adalah "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas". (*)

Sumber: