RSUD Surabaya Selatan dan Utara Rencana Dibangun Tahun Depan

RSUD Surabaya Selatan dan Utara Rencana Dibangun Tahun Depan

Pelayanan kesehatan di rumah sakit milik Pemkot Surabaya. -Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pemkot Surabaya memiliki rencana gembira bagi warganya, yaitu pembangunan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baru di wilayah selatan dan utara kota. Pembangunan RSUD ini diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Surabaya.

BACA JUGA:889 Kendaraan Operasional Pemkot Surabaya Dilelang, Diganti Kendaraan Listrik 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan bahwa dua rumah sakit baru di bawah naungan Pemkot Surabaya ini bertujuan untuk pemerataan pelayanan kesehatan.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Lamongan Siap Sambut Pengunjung Libur Sekolah 

Ia menyatakan bahwa pembangunan dua RSUD baru akan dimulai tahun depan. Sedangkan untuk lokasinya, berencana di wilayah Surabaya selatan dan Surabaya utara atau eks Rumah Sakit Lapangan Tembak.

BACA JUGA:Opsgab TIMPORA Minahasa Tenggara Cek Izin Keimigrasian WNA 

"Tahun depan kita akan membangun lagi dua rumah sakit, di wilayah Surabaya selatan dan yang ada di Surabaya utara," kata Wali Kota Eri Selasa 25 Juni 2024.

BACA JUGA:HUT Ke-6 Memorandum.co.id, Support dari PT Terminal Teluk Lamong Surabaya dan PT Terminal Petikemas Surabaya 

Menurut dia, penambahan dua rumah sakit ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan. Sebab, sekarang ini RSUD dr M Soewandhie maupun RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) menghadapi jumlah pasien yang sangat tinggi.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ziarah dan Tabur Bunga di TMP WR Supratman 

Pihaknya mencatat, lebih dari 2000 pasien setiap harinya berobat ke poli RSUD dr M Soewandhie dan RSUD BDH Surabaya. "Seperti di RSUD dr M Soewandhie itu di poli-nya, sehari 2.000 lebih, di RSUD BDH juga sama," ungkap dia.

BACA JUGA:Jadilah Pahlawan Kebaikan, PT PLN (Persero) UIP JBTB Gelar Donor Darah Tahunan di Kompleks Ketintang 

Karena itu, dengan penambahan dua RSUD baru nanti, Wali Kota Eri berharap, beban pelayanan kesehatan di RSUD dapat terbagi. Sehingga masing-masing rumah sakit bisa melayani sekitar 500 pasien per hari.

BACA JUGA:Dijemput Pulang dari Pondok Pesantren, Kaget Anak Babak Belur 

"Sehingga pelayanan kesehatan kita bisa lebih maksimal lagi. Karena tidak ada hadirnya pemerintah kecuali memberikan yang terbaik untuk masyarakat," tuturnya.

BACA JUGA:Cegah Penyembunyian Aset Kepailitan, BHP Surabaya Ajak Stakeholder di Palangka Raya Bersinergi 

Wali Kota Eri memproyeksikan pembangunan RSUD Surabaya selatan dan utara, bisa dilakukan tahun 2025. Terlebih, pembangunan gedung RSUD Surabaya utara atau eks Rumah Sakit Lapangan Tembak, hanya tinggal pengembangan.

BACA JUGA:Rahmat Santoso Maju Bacalon Bupati Blitar 

"Kalau Rumah Sakit Lapangan Tembak (Surabaya Utara) tinggal pengembangan saja dari bentuk (bangunan) yang sudah ada. Tapi yang (RSUD Surabaya) selatan memang dari nol," pungkasnya. (*)

Sumber: