Pj Bupati Tulungagung Serahkan Bantuan Pangan Cadangan Beras untuk 717 Penerima Manfaat

Pj Bupati Tulungagung Serahkan Bantuan Pangan Cadangan Beras untuk 717 Penerima Manfaat

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menyalurkan bansos kepada warga. -Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Pemkab Tulungagung menggelar penyaluran bantuan pangan kepada warga di Balai Desa Pojok, Kecamatan Campurdarat, Jumat 7 Juni 2024.

BACA JUGA:Seru dan Haru, Bahira Dwi Safitri Juara Tahfidz Alquran Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

Hadir dalam kegiatan itu Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno, Sekda Tri Hariyadi, Pimpinan Perum Bulog Cabang Tulungagung David Donny Kurniawan, dan beberapa pihak lainnya.

BACA JUGA:Nasyid Murid MI Muhammadiyah 28 Surabaya Merasuk di Hati Penonton 

Ditemui usai kegiatan, Pj Bupati Heru Suseno mengatakan, penyaluran ini merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap ketahanan pangan di masyarakat.

BACA JUGA:50 Peserta Lomba Tahfidz Alquran Warnai Hari Ketiga Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

Beras yang disalurkan adalah bantuan pangan cadangan beras Pemprov Jatim, yang ditujukan kepada masyarakat kurang mampu.

BACA JUGA:Surabaya Haji Umrah Expo 2024 Ramai Pengunjung dan Hiburan Menarik 

Sesuai dengan rencana yang ada, penyalurannya akan dilaksanakan selama tiga bulan, yakni pada April sampai Juni.

BACA JUGA:Pengurus DPW PPLIPI Jatim Multitalenta di Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

“Alokasi untuk Desa Pojok sebanyak 717 penerima bantuan pangan atau PBP. Hari ini yang disalurkan itu alokasi bulan April,” ujarnya.

BACA JUGA:Ramai Dikunjungi, Pameran Umrah-Haji di Royal Plaza Surabaya Memasuki Hari Kedua

Ke depan Heru memastikan aman menyalurkan kuota untuk Mei dan Juni, sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Adapun jumlah penerima manfaat bantuan ini di Tulungagung sebanyak 94.427 penerima.

BACA JUGA:Grup Samroh Banjari Al Hikmah Gresik Memukau Pengunjung Surabaya Haji Umrah Expo 2024

“Alokasi ke masyarakat sesuai dengan data P3KE. Jadi, yang menerima di tiap bulan selama Mei hingga Juni sama. Ini dilakukan serentak dengan metode by name by address,” ucapnya.

BACA JUGA:Dapatkan Doorprize Menarik Surabaya Haji Umrah Expo di Royal Plaza 

Pj Bupati Heru memastikan, kegiatan ini tidak mempengaruhi penurunan nilai harga beras di pasaran, karena Perum Bulog menyerap hasil produksi panen raya dalam beberapa waktu terakhir. Kemudian, beras hasil serapan itu disalurkan ke masyarakat dalam bentuk bantuan pangan.

BACA JUGA:SKH Memorandum Gelar Surabaya Haji Umrah Expo, Edukasi Masyarakat Memilih Travel yang Kantongi Izin Resmi  

"Kalau kita bicara harga beras hasil panen raya, harganya tetap stabil. Petani sudah terima manfaat yang cukup,” ujar Heru.

BACA JUGA:Pentas Seni KB-TK Islam Terpadu Nada Ashobah Buka Pameran Surabaya Haji Umrah Expo 

Pihaknya belum memastikan kelanjutan program ini sampai akhir tahun. Namun yang jelas, pihaknya sudah bersiap untuk menyalurkan kembali dua periode selanjutnya.

“Ada kemungkinan dilanjut pada Juli hingga Desember. Tapi kan belum pasti. Yang pasti kita tuntaskan penyaluran sampai Juni,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Cabang Tulungagung David Donny Kurniawan memastikan stok beras yang tersedia masih cukup untuk penyaluran periode selanjutnya.

BACA JUGA:Hadroh Majelis Taklim An-nisa' Siap Meriahkan Surabaya Haji Umrah Expo 2024  

“Stok kami sekarang ada sebanyak 5 ribu ton. Itu sangat cukup untuk penyaluran bantuan pangan selama dua bulan. Yaitu, alokasi Mei dan Juni. Setiap bulan kami di Kancab Tulungagung ditarget penyerapan beras sebanyak 2.858 ton. Jika nantinya ada penyaluran lagi setelah periode Juni, maka target kami juga akan ditambah,” ungkapnya. (*)

Sumber: