Puncak HPN, PWI Jombang Serahkan JIA 2024 kepada Lima Perusahaan

Puncak HPN, PWI Jombang Serahkan JIA 2024 kepada Lima Perusahaan

Ketua PWI Jombang bersama perwakilan perusahaan penerima JIA 2024. -Biro Mojo-

BACA JUGA:Puncak HPN 2023, PWI Jombang Beri Penghargaan kepada Tokoh dan Komunitas

"Kategori Top Employee Recruitment diberikan kepada PT Aksha Karunia Mill karena perusahaan bidang manufaktur pengolahan kayu lapis plywood ukuran jumbo kualitas ekspor ini berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja di masa pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19," bebernya. 

Mufid mengungkapkan, perusahaan yang berdiri pada September 2022 di Grobogan Kecamatan Mojowarno Jombang tersebut, memiliki 1.020 tenaga kerja. Dari jumlah tersebut, 922 di antaranya adalah warga lokal Jombang.

"Tentu hal tersebut layak mendapat apresiasi. Mereka berinvestasi, membuka usaha, merekrut tenaga kerja dan menjalankan usahanya dalam situasi ekonomi yang sedang lesu akibat Pandemi Covid-19," ungkapnya. 

Selanjutnya.kategori Top Go Green Support diberikan kepada PT Cheil Jedang Indonesia yang beralamat di Jl Raya Brantas Km 3,5 Desa Jati Gedong, Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Perusahaan yang berdiri sejak 1998 ini komitmen dalam menjalankan usaha dengan sistem yang ramah lingkungan.

PT CJI menggelontorkan program CSR untuk penanaman pohon dan konservasi lingkungan hidup. Setiap tahun, perusahaan asal Korea Selatan ini menanam 30 ribu bibit pohon di Kabupaten Jombang.  

BACA JUGA:PWI Jombang Tetapkan Gus Dur sebagai Pahlawan Rakyat

"Seluruh karyawan juga rutin gotong royong bersih-bersih sampah dan eceng gondok di sungai sekitar pabrik. Lalu, melakukan MoU dengan Pemkab Jombang dalam usaha rehabilitasi kawasan perlindungan," ujar Mufid. 

Untuk kategori Top CSR Support yang diberikan kepada PT Phalosari Unggul Jaya yang berada di Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang, adalah jenis usaha yang bergerak di bidang makanan olahan yang dihasilkan dari bahan baku daging pilihan. 

"CSR yang dibagikan dalam bentuk bantuan pangan langsung ke masyarakat. Pembagian itu tersebar secara luas di wilayah Kabupaten Jombang. Jumlah CSR yang dibagikan lebih dari Rp 10 miliar dalam setahun," jlentreh Mufid.

Sedangkan kategori Top Government Income Support diraih oleh PT Marga Harjaya Infrastruktur, yang berkantor di Tembelang Jombang. Merupakan pemegang konsesi untuk ruas tol Jombang-Mojokerto sepanjang 40,5 km, sebagai bagian dari ruas tol Trans Jawa.

BACA JUGA:PWI Jombang Dukung Suksesnya Pelaksanaan G20 di Bali

"Perusahaan ini mulai beroperasi pada 2012. Sumbangan untuk pajak daerah cukup tinggi. Yakni mencapai Rp 4,5 miliar setahun. Oleh sebab itu kami memberikan award untuk PT MHI atau ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto," tandas Mufid. 

Terakhir kategori Top Sustainable Investors diberikan kepada Charoen Pokphand Jaya Farm. Perusahaan yang berdiri di Perak Jombang pada 1990 ini bergerak di bidang pembibitan ayam ras. Mereka mampu bertahan dari krisis moneter 1998 dengan mengurangi populasi ayam, tanpa mengurangi jumlah karyawan.

"Charoen Pokphand Jaya Farm juga memberi edukasi masyarakat tentang cara beternak ayam secara benar dan efisien. Selalu berupaya menghasilkan bibit ayam yang berkualitas dengan harga bersaing," pungkas Mufid. (yus)

Sumber: