Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ramp Check PO Bus Jaya Utama, Jamin Keselamatan Penumpang

Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ramp Check PO Bus Jaya Utama, Jamin Keselamatan Penumpang

Petugas ketika melakukan Ramp Check di garasi PO Bus Jaya Utama.-Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Satlantas Polres Tanjung Perak bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya melakukan Ramp Check di garasi PO Bus Jaya Utama. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kelayakan dan keselamatan bus yang beroperasi, demi menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Kasatlantas Polres Tanjung Perak AKP Moch Suud menjelaskan bahwa Ramp Check merupakan kegiatan rutin untuk memastikan bus memenuhi standar operational prosedur (SOP) dalam mengangkut penumpang.

"Ramp Check harus dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang," tegasnya.

Suud menambahkan, Ramp Check ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan keselamatan penumpang bus. Dengan memastikan bus dalam kondisi layak dan pengemudi dalam kondisi prima, diharapkan dapat meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Patroli Skala Besar

"Sehingga kelayakan angkutan harus benar-benar dipastikan demi keselamatan penumpang, " ujarnya.

Sementara itu, Aipda I Wayan Ana, Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak,  menjelaskan bahwa Ramp Check meliputi pemeriksaan kelaikan jalan seperti rem, lampu sein, dan ban bus, serta kelengkapan dokumen kendaraan seperti uji kir, SIM, dan STNK. Petugas juga mengecek kelengkapan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam bus.

"Pemeriksaan menyeluruh ini dilakukan untuk memastikan bus benar-benar layak beroperasi dan memberikan rasa aman bagi para penumpang. Selain itu, pengecekan kesehatan terhadap sopir dan kru bus juga dilakukan untuk memastikan kondisi mereka prima saat mengemudi, " ujarnya.

Upaya Ramp Check ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang dalam menggunakan jasa transportasi bus, serta meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya.(alf)

Sumber: