Dorong Peningkatan UMKM, Mahasiswa KKN 296 Unej Gelar Bazar dan Lomba Mewarnai

Kamis 22-08-2024,09:57 WIB
Reporter : Agus Sucipto
Editor : Fatkhul Aziz

LUMAJANG, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 sekaligus mendorong peningkatan kualitas UMKM di Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang Jawa Timur mahasiswa KKN 296 Universitas Jember (UNEJ) menyelenggarakan Bazar UMKM dan Lomba Mewarnai.

Acara tersebut dimulai dengan iring-iringan menuju lokasi acara, pembacaan teks proklamasi sampai serangkaian upacara bendera yang dihadiri oleh warga Dusun Krajan II, Kepala Desa Kebonagung, dan Camat Sukodono. Suasana khidmat terasa saat bendera Merah Putih berkibar, menandai dimulainya rangkaian kegiatan perayaan saat itu. 

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Kelompok 269 Unej Ajak Siswa SDN 1 Kebonagung Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Camat Sukodono serta Kepala Desa Kebonagung turut menyampaikan sambutan yang berfokus pada kekompakan warga dan anak KKN dalam menyelenggarakan acara yang bermanfaat bagi perekonomian masyarakat. Sambutan tersebut menjadi motivasi bagi para pelaku UMKM dan seluruh peserta untuk berpartisipasi aktif dalam bazar yang berlangsung. 

Setelah sambutan, bazar UMKM resmi dibuka. Sekitar 30 penjual lokal menampilkan berbagai produk unggulan, mulai dari kerudung, cemilan, olahan makanan dan minuman. 

BACA JUGA:FK Unej Ajak Ibu Muda Rambipuji Siapkan Menu Sehat Cegah Stunting

Wakil Koordinator Desa (Wakordes) KKN UNEJ, Rizky Firmansyach, ketika dikonfirmasi media ini, Rabu 21 Agustus 2024 menyampaikan, kegiatan tersebut digelar agar para warga Desa Kebonagung bisa berbagi pengalaman.

"Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi produk lokal, tetapi juga memberikan kesempatan bagi warga untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan usaha mereka," jelasnya. 

BACA JUGA:FK Unej Ajak Ibu Muda Rambipuji Siapkan Menu Sehat Cegah Stunting

Disampaikannya, bahwa pentas seni dari anak-anak Dusun Krajan II menjadi salah satu acara yang paling dinantikan saat itu. "Mereka tampil dengan penuh semangat, menampilkan berbagai tarian dan nyanyian yang menghibur para pengunjung," paparnya. 

Tidak hanya itu, lanjutnya, lomba mewarnai tingkat TK yang diikuti oleh sekitar 50 anak juga menjadi pusat perhatian. "Alhamdulillah, antusiasme anak-anak terlihat jelas saat mereka berlomba menunjukkan kreativitas dalam mewarnai," terangnya. 

BACA JUGA:Unej dan Jerman Kolaborasi, Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kecil dengan Teknologi Presisi

Dikatakannya, bahwa rangkaian acara ditutup dengan pengumuman pemenang Lomba Mewarnai, yang menandai berakhirnya kegiatan Bazar UMKM dan Lomba Mewarnai di Desa Kebonagung. "Kami berharap kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas UMKM yang berkelanjutan, tetapi juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan kebanggaan nasional di kalangan warga desa," kata Wakil Koordinator Desa (Wakordes) KKN UNEJ, Rizky Firmansyach.(Ags)

Kategori :