Profil Negara Guinea : Agama Mayoritas, Jumlah Penduduk hingga Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia

Profil Negara Guinea : Agama Mayoritas, Jumlah Penduduk hingga Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia

Guinea--

MEMORANDUM - Guinea merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Guinea-Bissau di barat laut, Senegal di utara, Mali di timur laut, Pantai Gading di tenggara, Sierra Leone dan Liberia di selatan, serta Samudera Atlantik di bagian barat.

Saat ini, Guinea memiliki ibu kota di Conakry. Populasinya sendiri diperkirakan mencapai angka lebih dari 14,4 juta jiwa. Negara ini menjadi salah satu pemilik cadangan bauksit terbesar di dunia.

BACA JUGA:Persiapan Playoff Olimpiade 2024 Indonesia U-23 vs Guinea, STY Fokus Jaga Kebugaran Pemain

Pada kehidupan beragamanya, Guinea menyajikan lanskap budaya yang kaya, yang diwarnai oleh mayoritas umat Muslim yang hidup berdampingan dengan minoritas agama lainnya

Berikut ini persentasenya agama warga Guinea :

1. Islam

Guinea menjadi salah satu negara Afrika yang mayoritas populasinya adalah Muslim. Dalam hal ini, Islam memang menjadi agama yang paling banyak dianut warganya.

Islam menyebar di Guinea melalui kontak antara pedagang Muslim dan masyarakat setempat. Masyarakat lokal terpengaruh oleh ajaran Islam dan secara bertahap menerima agama baru ini. 

Meskipun Islam awalnya menyebar di antara kelompok elit seperti raja-raja dan pedagang, lambat laun agama ini diterima secara lebih luas di kalangan penduduk hingga tercatat sekitar 85-90%, mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim Sunni. Selain itu, ada juga golongan lain seperti Sufisme.

BACA JUGA:Menang Lawan Guinea Jadi Harapan Terakhir Indonesia Lolos Olimpade Paris 2024

2. Kristen

Perkiraan persentase warga Guinea yang beragama kristen yakni tercatat 8 persen pada tahun 2022 lalu.

Kelompok Kristen di Guinea juga beragam. Sebut saja seperti Roma, Anglicans, Baptists, Jehovah’s Witnesses hingga Seventh-day Adventists.

3. Agama Tradisional

Sumber: