Di Hadapan Ratusan Wartawan, Bupati Hendy Ajak Insan Pers Kawal Pilkada 2024 Secara Independen dan Profesional

Di Hadapan Ratusan Wartawan, Bupati Hendy Ajak Insan Pers Kawal Pilkada 2024 Secara Independen dan Profesional

Bupati Jember saat menerima penghargaan dari PWI Jatim-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-78 yang digelar di Kabupaten Jember dihadiri ratusan insan pers dari berbagai daerah se-Jawa Timur. Agenda utama HPN kali ini ialah Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) yang diikuti 100 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Jawa Timur.

Rangkaian kegiatan HPN di Jember ditutup dengan pemberian penghargaan dari PWI Jatim ke sejumlah tokoh serta lembaga, dalam acara malam puncak HPN 2024 pada Minggu malam 28 April 2024.

Bupati Jember Hendy Siswanto sangat mengapresiasi dipilihnya Kabupaten Jember sebagai tuan rumah HPN 2024. Ia juga berterima kasih atas kehadiran para insan pers ke Kabupaten Jember.

Bagi Bupati Hendy, peran pers sangat vital sebagai pilar demokrasi keempat di Indonesia. Ia berterima kasih atas berbagai kritik serta saran kepada pemerintah yang disampaikan insan pers melalui berbagai karyanya.

BACA JUGA:Sidang Paripurna DPRD Jember, Bupati Hendy Terima Kritikan Konstruktif

Ia kemudian mengajak seluruh insan pers untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara independen dan profesional.

“Utamanya saya sangat berharap agar masyarakat mau menggunakan hak suaranya pada Pilkada 2024 melalui berbagai karya tulisan para wartawan semua,” pintanya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim menyoroti keberadaan insan pers secara umum, dirinya berharap insan pers bisa menjaga kode etik dan profesional dalam melakukan tugasnya.

“Ada kaidah-kaidah dan aturan terkait dengan sarat untuk menjadi seorang jurnalis, ada peraturan dewan pers, ada aturan organisasi lainnya yang harus dipenuhi wartawan dan perusahaan pers, agar karyanya bisa mencerahkan kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

BACA JUGA:Bertekad Nyalon sebagai Petahana, Bupati Hendy Berharap Rekom PDI-P

Malam Puncak HPN 2024 dihadiri oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, juga Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, pejabat TNI dan Polri serta para pejabat Pemkab Jember dan Pemprov Jatim.

Masih soal kontestasi Pilkada, Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono menyebut, kontribusi pers di Provinsi Jawa Timur sangat luar biasa, terbukti dengan kontestasi Pemilu yang dilaksanakan pada bulan Februari 2024 lalu berjalan aman dan lancar.

“Pilpres 2024 berjalan lancar, kesuksesan tersebut salah satunya berkat kontribusi karya para insan pers,” ujar Adhy Karyono.

Namun demikian, Adhy Karyono mengingatkan kembali bahwa masih akan ada tantangan baru ke depan yang riak-riaknya sudah muncul yakni Pemilukada serentak yang akan digelar pada Rabu, 27 November 2024.

BACA JUGA:Bupati Hendy Canangkan Parade Pegon Digelar Setiap Hari Libur di Jember

Ia meminta pers kembali berperan sebagai watchdog proses demokrasi di daerah dengan meningkatkan ketajaman dan liputannya dalam gelaran Pilkada serentak di Jatim.(edy)

Sumber: