Dewan Dukung 4 Direksi, KPM Tugu Tirta Tetapkan 3 Direksi

Dewan Dukung 4 Direksi, KPM Tugu Tirta Tetapkan 3 Direksi

H. Lookh Mahfudz--

MALANG, MEMORANDUMPerumda Tugu Tirta Kota Malang semakin berkembang. Jumlah Sambungan Rumah (SR) diperkirakan terus meningkat. Saat ini, jumlah SR lenbih dari 170 ribu titik dan tidak menutup kemungkinan akan terus meningkat dengan bertambahnya kawasan pemukiman baru.

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang H Lookh Mahfud menyampaikan berkembangnya kawasan pemukiman tentunya akan berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan air yang harus ditangani oleh Perumda Tugu Tirta.

“Bila diperlukan, perlu dipertimbangkan pula mengenai penambahan direksi mapun dewan (dewan pengawas, red) untuk meningkatkan kinerja maupun pelayanan. Seperti di Surabaya itu ada direksi yang khusus mengurusi pelayanan,” kata Lookh Mahfudz di ruang Fraksi Damai Demokrasi Indonesia (DDI) DPRD Kota Malang, Rabu 24 April 2024. 

BACA JUGA:Perumda Tugu Tirta Panen Prestasi, Muhlas: Bekerja Cerdas dan Berinovasi Tiada Henti

Dalam perda Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tugu Tirta Kota Malang, memberikan ruang untuk penambahan direksi.

“Sehingga dewannya empat, direksinya empat ini untuk mempersiapkan Perumda Tugu Tirta dengan pelayanan prima, boleh juga begitu,” kata Lookh yang juga Ketua Fraksi DDI.

BACA JUGA:Masa Jabatan Direksi Perumda Tugu Tirta akan Berakhir, Pj Wali Kota Malang Tunggu Laporan Dewas

Sementara itu, Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat yang juga Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumda Tugu Tirta menyampaikan jumlah Dewan Direksi Perumda Tugu Tirta Kota Malang untuk masa jabatan 2024-2029 tetap 3 orang. Yaitu, direktur utama, direktur administrasi dan keuangan, serta direktur teknik.

Ketiga posisi direksi tersebut kini dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt), menyusul masa jabatan dewan direksi periode 2019-2024 telah berakhir pada awal bulan April 2024.

“Semua tiga direksi, mau ditambah nanti ganti lagi jabatannya. Kita fokus pada tiga direksi itu,” ujarnya saat mengunjungi Kantor Perumda Tugu Tirta, Rabu 17 April 2024.

BACA JUGA:Kuatkan SDM, Perumda Maren Kota Tual Belajar ke Tugu Tirta

Disebutkan, apabila melakukan penambahan direksi maka perlu merubah ketentuannya. Namun, Wahyu akan melihat perkembangan Perumda Tugu Tirta pada masa mendatang.

“Kalau perjalanan perlu ditambah (direksi, red), nanti akan dievaluasi,” terangnya 

Anggota Dewan Pengawas (Dewan) Perumda Tugu Tirta Kota Malang Nurkholis menyampaikan pihaknya pernah melakukan pembahasan terkait dengan jumlah direksi tersebut, yaitu kemungkinan untuk dilakukan penambahan direksi.

Sumber: