Apresiasi Langkah KPM Tugu Tirta, Komisi B DPRD Kota Malang Sampaikan Kriteria Direksi

Apresiasi Langkah KPM Tugu Tirta, Komisi B DPRD Kota Malang Sampaikan Kriteria Direksi

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang H Lookh Mahfudz.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Komisi B DPRD Kota Malang mengapresiasi langkah Kuasa Pemilik Modal (KPM) yang juga Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM yang memberikan perhatian serius terhadap keberlanjutan dan peningkatan kinerja Perumda Tugu Tirta Kota Malang.

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang H Lookh Mahfudz menyampaikan kepercayaannya pada KPM dalam membentuk tim Panitia Seleksi (Pansel) Direksi Perumda Tugu Tirta yang beranggotakan sosok-sosok terpilih yang memiliki kompetensi dan integritas sehingga dapat menyeleksi dewan Direksi terbaik yang mampu menggerakkan perusahaan daerah milik Pemkot Malang tersebut.

BACA JUGA:Perumda Tugu Tirta Panen Prestasi, Muhlas: Bekerja Cerdas dan Berinovasi Tiada Henti

“Tentu, (Komisi B, red) sebagai mitra PDAM (Perumda Tugu Tirta, red) mendorong Pemkot Malang melalui Pj Wali Kota sebagai KPM mendesak agar segera membentuk pansel sehingga ada dirut (jajaran direksi, red) definitif,” ujarnya saat ditemui di ruang Fraksi Damai Demokrasi Indonesia (DDI) DPRD Kota Malang, Rabu, 24 April 2024. 

Lookh Mafudz yang juga Ketua Fraksi DDI menyebutkan pembentukan tim pansel ini sangat baik karena dalam waktu tidak terlalu lama akan segera ditetapkan dewan direksi yang definitif sehingga Perumda Tugu Tirta dapat memberikan pelayanan prima. 

BACA JUGA:Masa Jabatan Direksi Perumda Tugu Tirta akan Berakhir, Pj Wali Kota Malang Tunggu Laporan Dewas

“Perumda Tugu Tirta ini memiliki fokus pada pelayanan sehingga saya mendorong pansel dapat segera bekerja,” ujarnya seraya menyebutkan hasil hearing Komisi B dengan Perumda Tugu Tirta yang juga sebagai mitra kerjanya, pada Senin 22 April 2024. 

Lookh Mahfudz  mengatakan meningkatkan kinerja Perumda Tugu Tirta membutuhkan energi besar sehingga diperlukan sosok yang mumpuni dalam menggerakkan perusahaan daerah dengan prima, utamanya terkait dengan pelayanan air sebagai bagian dari urat nadi kehidupan masyarakat sehari-hari.  

BACA JUGA:Kuatkan SDM, Perumda Maren Kota Tual Belajar ke Tugu Tirta

“Problem palayanan yang ada sampai saat ini, di antaranya debit air tidak mencukupi semaksimal mungkin, banyak keluhan air debit kecil, sering mati dan sebagainya,” jelasnya seraya menyebutkan persoalan lain yang membutuhkan penyelesaian.

Lookh Mahfudz menegaskan akan mendukung tim pansel melakukan proses seleksi dewan direksi dengan baik, dan sekaligus mengharapkan KPM yang juga Pj Wali Kota Malang memilih sosok terbaik dari hasil seleksi tersebut.

“Dengan muatan problem yang luar biasa (di Perumda Tugu Tirta, red), saya sebagai Komisi B mengharapkan agar Pemkot Malang tidak gegabah untuk menunjuk seorang Dirut atau direksi lainnya,” katanya.

BACA JUGA:Wali Kota Malang Serahkan Penghargaan Kompetisi P4 kepada Perumda Tugu Tirta

Lookh Mahfudz menyebutkan untuk mengoptimalkan kinerja Perumda tugu Tirta diperlukan sosok dengan beberapa kriteria, di antaranya memiliki leadership yang baik, memiliki kemampuan berkomunikasi lintas sektor, memahami adminsitrasi maupun birokrasi, memahami arah dan tujuan Perumda Tugu Tirta, dan bertindak taktis strategis. 

Sumber: