Optimalkan M-Paspor untuk Tingkatkan Efektivitas Pelayanan Paspor

Optimalkan M-Paspor untuk Tingkatkan Efektivitas Pelayanan Paspor

Kadiv Keimigrasian Herdaus memberikan paparan soal pengoptimalan M-Paspor. -Sujatmiko-

KEDIRI, MEMORANDUM - Antusiasme masyarakat dalam mengakses pelayanan paspor yang semakin tinggi direspons positif oleh Kanwil Kemenkumham Jatim. Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus mengatakan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan paspor di jajarannya.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini 

Hal itu disampaikan Herdaus saat memimpin rapat konsolidasi optimalisasi aplikasi M-Paspor digelar pada hari Jumat di Hotel Grand Surya Kediri, Jumat, 19 April 2024.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran 

"Penggunaan aplikasi M-Paspor sejak tahun 2022 telah membawa kemudahan dalam proses permohonan paspor," ucap Herdaus.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya 

Namun, lanjut Herdaus, masih ditemukan beberapa kendala teknis. Sehingga, pelayanannya masih belum optimal.

BACA JUGA:Kunjungi Kantah Surabaya I, Menteri ATR/Kepala BPN Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan yang Ada 

"Kami coba berikan alternatif penyelesaian masalahnya, diantaranya ada kemungkinan penambahan kuota permohonan paspor dan pemberian layanan pada hari Sabtu dan Minggu," terangnya.

BACA JUGA:Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Jatim Tinjau Layanan UKK Bojonegoro 

Selain itu, lanjut Herdaus, terdapat rekomendasi yang akan ditujukan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi. Terutama untuk pengembangan aplikasi M-Paspor.

BACA JUGA:Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Jatim Tegaskan Seluruh Jajaran Harus Tolak Gratifikasi 

"Juga usulan-usulan terkait percepatan pelayanan, penambahan sumber daya manusia, dan peningkatan sarana prasarana penunjang pelayanan paspor," jelasnya.

BACA JUGA:M-Paspor dan E-Cekal, Wujud Imigrasi Selalu Beri Layanan Terbaik

Di saat yang sama, setiap kepala kantor imigrasi akan melakukan evaluasi terhadap kemampuan UPT-nya dalam memberikan pelayanan paspor. Baik dari segi sumber daya manusia maupun sarana prasarana yang tersedia.

"Pelatihan-pelatihan soft skill sangat penting agar pelayanan di lapangan berjalan dengan baik," tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Imigrasi se-Jatim. Beserta para pejabat yang bertanggung jawab atas pelayanan paspor di masing-masing UPT.

Setiap kepala UPT memberikan wawasan dari sudut pandang UPT-nya masing-masing, serta memberikan saran-saran untuk penyelesaian masalah yang dihadapi. (*)

Sumber: