Mendoakan Leluhur, Warga Tanjungsari Geren Massal Jadi Agenda Tahunan

Mendoakan Leluhur, Warga Tanjungsari Geren Massal Jadi Agenda Tahunan

Kepala Desa Tanjungsari, Balab Santoso bersama keluarga mengikuti geren massal.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Dengan membawa bunga, warga masyarakat Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangrejo, berbondong- bondong datang ke makam umum desa mengikuti acara nyekar atau geren massal, Minggu 7 April 2024.

BACA JUGA:KNPI Kecamatan Karangrejo Sukses Gelar Lomba Baris Kreasi

Kepala Desa Tanjungsari, Balab Santoso mengatakan, nyekar adalah tradisi yang dilakukan masyarakat di desanya secara turun temurun oleh para sesepuh, dan masih terus dilakukan warga hingga sekarang. Utamanya di saat bulan suci Ramadan. 

"Geren diawali dengan pembacaan doa tahlil bersama sesepuh desa di makom babad Desa Tanjungsari, Syeh Imam Muhibbudin. Geren merupakan tradisi masyarakat yang harus kita lakukan bersama sebagai budaya agar tidak hilang tergeser oleh budaya asing," ujarnya.

BACA JUGA:Upacara HUT RI Ke-78 Kecamatan Karangrejo Khidmat dan Lancar

Untuk geren massal, kali ini merupakan yang pertama yang diinisiatif masyarakat. 

"Kegiatan ini kita jadikan agenda rutin setahun sekali. Tentunya para ahli waris yang memiliki keluarga sudah meninggal dimakamkan di Desa Tanjungsari, tentunya wajib untuk mendoakan. Karena, siapa lagi yang mendoakan kalau bukan keluarganya," terang Kades Balap.

"Kami berharap, mudah-mudahan geren massal ini nantinya bisa mengangkat budaya kearifan lokal yang memilik daya tarik sebagai wisata religi, sehingga masyarakat luas mengunjunginya," pungkasnya ramah.

BACA JUGA:Kecamatan Karangrejo Gelar Sosialisasi Hukum bagi Aparat Desa dan Lembaga Desa

Sementara panitia kegiatan, Pipit Santoso memaparkan, ziarah kubur itu bagi umat Islam wajib dilakukan setiap tahun sekali di bulan suci Ramadan.

"Kegiatan ini sekaligus untuk meramaikan syiar Islam di Desa Tanjungsari. Bahwa geren massal ini merupakan langkah awal. Mudah-mudahan nantinya dapat dilaksanakan secara terus menerus, dapat istikamah selamanya, menjadi agenda rutin setiap tahun sekali," kata Pipit.

BACA JUGA:Ribuan Anak Paud dan TK Kecamatan Karangrejo Meriahkan HUT ke-77 RI

Menurut Pipit ada beberapa rangkaian kegiatan yang digelar mulai Sabtu sore 27 Ramadan 1445 H, atau 6 April 2024 M pukul 16.00. Bertempat di Masjid Ar Rohman dilaksanakan khatmil Alquran, tahlil, doa kultum, bagi takjil, dan lain sebagainya.

"Berikutnya hari Ahad ini, dilaksanakan geren massal di empat titik. Di antaranya makam keluarga di Dusun Klagen, makam Syeh Imam Muhibbudin Tanjung Timur, makam Tanjung Barat, dan makam Dusun Tiyang," ungkapnya. (adv/kin/mad)

Sumber: